Ahad 01 Apr 2018 17:06 WIB

Aa Gym: Dikagumi Lebih Berbahaya Dibandingkan Dicaci

Aa Gym merasa menjadi populer adalah bagian terburuk dalam kehidupannya.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Reiny Dwinanda
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi , Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Ustaz Abdul Somad (UAS) berkuda bersama di Eco Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung, Jawa Barat, Ahad (1/4)
Foto: dok. Humas Pemprov NTB
Gubernur NTB TGB Zainul Majdi , Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Ustaz Abdul Somad (UAS) berkuda bersama di Eco Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung, Jawa Barat, Ahad (1/4)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Abdullah Gymnastiar mengungkapkan bahwa menjadi populer justru menjadi salah satu bagian terburuk dalam kehidupannya. Pemimpin pondok pesantren Daarut Tauhid ini menjelaskan ada bahaya tersendiri ketika seseorang menjadi sosok yang dikagumi.

"Dipuji, dikagumi, dihormati jauh lebih bahaya dibanding dicaci," ungkap dai yang kondang dengan nama panggilan Aa Gym ini dalam Kajian Tauhid di Masjid Rahmatan Lil'aalamin, Eco Pesantren Daarut Tauhid, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (1/4).

Pada kajian yang turut menghadirkan Ustaz Abdul Somad dan Tuan Guru Muhammad Zainul Majdi (TGB) itu, Aa Gym menyampaikan ada bahaya besar yang menguntit tokoh yang dikagumi. Terlebih, andaikan orang yang dipuji-puji itu hanya menikmati casing (bungkus), daripada isi.

Bahaya terbesar dari hal tersebut adalah seseorang jadi tidak memiliki kemampuan untuk jujur melihat diri dia yang sebenarnya. Orang tersebut terperangkap oleh kehormatan, seakan-akan sudah jadi terhormat dan mulia.

"Padahal orang lain menghormati kita karena Allah nutupin aib, nutupin dosa, nutupin maksiat. Allah tahu lirikan mata kita, zina mata, zina pikiran. Allah tahu semua yang tersembunyi. Allah tahu shalat kita tidak berkualitas, tapi orang menghormati kita," ucapnya menggebu-gebu.

Kejadian tersebut diakui Aa Gym pernah menghinggapi dirinya. Untuk itu, dia tidak ingin orang yang diuji dengan popularitas lupa dengan bahaya tersebut.

"Lalu mengalami pengalaman buruk yang pernah saya jalani, yaitu lupa ini hanya casing saja dari Allah," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement