Ahad 12 Mar 2017 17:06 WIB

Mengenal Quran and Sunnah Solution dari Ustaz Adi Hidayat

Kajian Quran and Sunnah Solution
Foto: Republika/ A Syalaby Ichsan
Kajian Quran and Sunnah Solution

REPUBLIKA.CO.ID, "Ada pada Alquran surah al-Baqarah ayat 151 posisi paling kanan sebelah bawah," kata Ustaz Adi Hidayat di sela perbincangan dengan Republika saat menjelaskan bagaimana belajar Alquran dari apa yang disampaikan Nabi di Bekasi, pekan lalu.

Penjelasan detail mengenai dalil kerap mewarnai kajian Quran and Sunnah Solution yang dibina Ustaz Adi. Tak hanya tentang Alquran, ustaz kelahiran Pandeglang, 11 September 1984 tersebut juga menjelaskan dengan detail hadis berikut dengan halaman hingga nomornya dengan menghapal. 

Ustaz muda ini menyampaikan kajian tentang Alquran dan Sunnah. Menurut dia, semua masalah kehidupan saat ini punya solusi yang sudah diturunkan Allah SWT berupa Alquran lewat Rasulullah SAW. Allah bahkan, sudah menetapkan petunjuk kepada manusia saat Nabi Adam diutus ke bumi.

Disebut dengan hudan. "Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian, jika datang petunjuk-Ku kepadamu maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS al-Baqarah ayat 38). 

Ustaz Adi menjelaskan, setiap Nabi diutus ke bumi pasti disertai dengan petunjuk yang sesuai dengan zamannya. Dari masa ke masa, dari generasi ke genarasi, nabi pun berganti. Petunjuknya pun kian disempurnakan. Sampai akhirnya Alquran diturunkan melalui Rasulullah SAW. Dia menjelaskan, Alquran bukan hanya sebatas petunjuk bagi Muslim, melainkan petunjuk bagi seluruh manusia. Tak peduli apa rasnya dan apa agamanya. "Bahasanya hudan linnas,"ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement