Ahad 21 Sep 2014 15:37 WIB

Wapres Budiono Akan Buka MTQ Internasional 2014

Rep: Maspril Aries/ Red: Damanhuri Zuhri
Wapres Budiono
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Wapres Budiono

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Internasional 2014 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) akan berlangsung 23-27 September 2014.

MTQ interasional yang diikuti peserta dari negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika tersebut dijadwalkan akan dibuka Wakil Presiden Budiono 23 September 2014 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC).

“Panitia sudah memastikan Wakil Presiden Budiono akan membuka MTQ interasional tersebut. Awalnya panitia merencanakan MTQ ini dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,'' kata Irene Camelyn Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Ahad (21/9).

Namun, ungkap Irene Camelyn,  karena pada saat bersamaan Presiden sedang melaksanakan tugas kenegaraan ke luar negeri.

Menurut Irene bersama Wakil Presiden juga akan turut serta beberapa orang menteri diantaranya Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, Menteri Perumahan Rakyat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menteri Sosial.

“Kita juga mengundang Duta Besar dari 15 negara-negara sahabat, seperti Saudi Arabia, Amerika Serikat, Maroko, Singapura, Belanda, Palestina dan Afrika Selatan,'' paparnya.

Dari dalam negeri kita mengundang gubernur se-Indonesia bersama kepala kantor wilayah kementrian agama,” katanya. Untuk acara pembukaan panitia mempersiapkan 3.500 undangan yang terdiri atas 500 untuk tamu VIP dan 3.000 bagi tamu umum.

Menurut wakil ketua panitia pelaksana MTQ Richard Cahyadi panitia mengundang imam besar Saudi Arabia dan qoriah terbaik dunia asal Maroko, Hajar Boussaq.

“Pada pembukaan juga akan ditampilkan tarian selamat datang, tari kolosal Musi River dan tari tepak keraton Palembang Darusalam. Semuanya berbalut nuansa Islam,'' paparnya seraya menambahkan acara ini, akan melibatkan sebanyak 250 penari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement