Senin 02 Jun 2014 02:49 WIB

Film Dokumenter Islam Diputar untuk Siswa SMA di Australia

Rep: Puti Almas/ Red: Chairul Akhmad
Kampus University of South Australia.
Foto: Nextstepaustralia.com
Kampus University of South Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY – Sebuah film dokumenter tentang Islam dipertontonkan kepada siswa SMA di Australia Selatan, Sabtu (31/5).

Film dokumenter ini berisikan hal-hal positif mengenai Islam yang dapat membuka mata tiap penontonnya.

Film berdurasi 20 menit ini mengambil latar belakang seorang pemuda Islam yang berjuang akan diskriminasi di suatu negara dengan mayoritas non-Muslim.

Film yang diproduksi Unversity of South Australia ini juga mengutip gambaran dan hal-hal yang rentan dialami oleh kaum muda muslim di benua tersebut.

Hal ini dinilai sebagai langkah maju untuk memerangi diskriminasi yang sering terjadi pada minoritas agama di suatu negara. Anak-anak yang belum mengerti bagaimana hidup berdampingan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang sangat tepat untuk diberikan pelajaran melalui film ini.

Mereka yang sangat mudah rentan dengan pengaruh pertentangan di sekitarnya sangat tepat untuk diajarkan mengenai perbedaan, agar kelak tidak melakukan diskriminasi terhadap orang lain.

"Dengan film ini, kami berharap anak-anak muda dapat mengerti perbedaan dan belajar untuk menghormati, bukan mengintimidasi nantinya," ujar Abdoul Maliq Simone, profesor dari University of South Australia seperti dilansir ABCNews, Sabtu (31/5).

Film dokumenter mengenai Islam ini rencananya ditampilkan di seluruh sekolah menengah di Australia Selatan. Salah satu sekolah yang siswanya telah menonton mengatakan jika film ini membawa dampak positif bagi mereka.

"Mereka tidak risih dengan film ini, saya rasa film ini sangat tepat dipertontonkan bagi anak seumur mereka agar memiliki sifat tenggang rasa sedari dini," ujar Pam Ronan, kepala sekolah di sekolah Kristen St Francis de Sales, seperti dilansir OnIslam, Ahad (1/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement