Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Karya-Karya Fenomenal Al-Qushji

Selasa 23 Apr 2019 16:16 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilmuwan Muslim.

Ilmuwan Muslim.

Foto: Metaexistence.org
Ali al-Qushji melahirkan banyak karya ilmiah bermutu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Sepanjang perjalanan keilmuannya yang terentang selama puluhan tahun, Ali al-Qushji melahirkan banyak karya ilmiah bermutu, utamanya di bidang astronomi dan matematika. Berikut adalah beberapa karya penting al-Qushji:

Risalah fi al-Hay

Baca Juga

Ini merupakan salah satu karya terpenting al-Qushji di bidang astronomi. Buku ini ditulis di Persia pada 1457.

Al-Risalah fi al-Hisab

Al-Qushji menulisnya di Persia dan Samarkand pada akhir 1472. Versi berbahasa Persia dari buku ini sangat berbeda dengan versi bahasa Arabnya. Buku ini membahas cara penghitungan dan posisi bintang-bintang. Tak heran, buku ini banyak dimanfaatkan para sarjana astronomi dalam perhitungan perbintangan. 

Al-Risalah al-Muhammadiyyah

Buku berbahasa Arab ini berisi tentang aljabar dan aritmatika. Al-Qushji menulisnya di Istanbul pada 1472. Buku ini dipersembahkan khusus untuk sang penguasa Istanbul, Sultan Muhammad II. Dari judul buku ini, sudah terlihat al-Qushji berusaha menunjukkan rasa hormatnya yang dalam pada pemimpinnya. Buku yang terdiri dari lima bab ini mempunyai isi lebih berbobot dari buku sebelumnya, Risalah fi al-Hisab. Selain babnya lebih banyak, isinya juga sarat dengan diagram perhitungan bintang-bintang.

Al-Risalah al-Fathiyyah

Buku tentang astronomi ini juga menggunakan bahasa Arab. Al-Qushji menulisnya pada kisaran 1473. Karya ini juga dipersembahkan bagi Sultan Muhammad II di hari kemenang -an melawan penguasa Akkoyunlu, Sultan Uzun Hasan. Dalam buku ini, al-Qushji memperkirakan, suatu saat bulan akan mengalami fase mati. 

Buku yang terdiri dari tiga bab ini juga menyertakan nama-nama planet yang berkedu -dukan di sekitar bumi, lengkap dengan perkiraan terbentuknya serta posisi keberadaan benda-benda langit itu. Pada bab pertama, dia menyebut ada sembilan planet di sekitar bu-mi. Planet-planet itu bergerak melintasi orbitnya, sementara kedudukan matahari tetap dengan orbit planet yang mengelilinginya.

Bab kedua membahas bentuk bumi dan pengelompokan iklim. Al-Qushji menyebutkan bahwa bentuk bumi bulat. Ada pula penjelasan terkait perkembangan serta waktu pembentukan bintang. Di bab selanjutnya, ia fokus pada kondisi geografis bumi. Dia jelaskan penghitungan wilayah bumi berdasarkan radiusnya serta perbandingan diameter bulan terhadap bumi. Informasi tentang planet Merkurius dan Venus juga telah dijajaki oleh al-Qushji.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA