Ahad 08 Apr 2018 22:35 WIB

Ini Peran Penting Masjid Sehitlik di Berlin

masjid ini juga digunakan untuk pusat kebudayaan Islam.

Masjid Sehitlik di kota Berlin
Foto: /www.webmastergrade.com
Masjid Sehitlik di kota Berlin

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Lantai paling bawah Masjid Sehitlik (basement) difungsikan sebagai aula serbaguna. Lantai dasar awalnya hanya dipakai untuk ruang shalat, kemudian digunakan juga untuk ruang rapat dan sebagai ruang shalat cadangan.

Ruang shalat utama terletak di lantai pertama. Di lantai pertama ini pulalah dua menara masjid berdiri. Lantai di atasnya dibuat berbentuk balkon dan digunakan sebagai tempat shalat wanita.

Mihrabnya diukir dengan sangat indah. Di atasnya terdapat kaligrafi Alquran. Lampu hias menggantung di bawah kubah utama. Di tengah-tengah kubah bagian dalam terdapat kaligrafi surah al-Ikhlas yang terbuat dari emas. Pada lengkungan di atas pilar penyangga kubah utama terdapat kaligrafi bertuliskan nama Allah, Muham mad, Abu Bakar Shiddiq, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Hassan, dan Hussein bin Ali bin Abi Thalib.

Beberapa meter di sebelah kanan mihrab terdapat mimbar yang terbuat dari marmer dari Pulau Marmara, Turki. Sedangkan, keramik yang dipakai dalam pembangunan masjid ini dibuat di Pulau Iznik. Keramik tersebut dibuat manual dan dilukis dengan tangan. Bahan dasarnya adalah pasir kuarsa.

Masjid ini menjadi pusat kegiatan masyarakat Muslim yang berada di Berlin, khususnya di distrik Neukoeln dan Kreuzburg. Selain digunakan sebagai tempat beribadah, masjid ini juga digunakan untuk pusat kebudayaan Islam.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement