Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Hamba yang Dicintai Allah

Senin 07 Jan 2019 05:49 WIB

Red: Irwan Kelana

Salah satu kelompok manusia yang dicintai Allah adalah yang gemar shalat Tahajud.

Salah satu kelompok manusia yang dicintai Allah adalah yang gemar shalat Tahajud.

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Paling tidak, ada 10 kelompok manusia yang termasuk hamba yang dicintai Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh KH Muhammad Arifin Ilham 

Dari Abu Hurairah,  Rasulullah bersabda, “Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Allah memanggil Jibril seraya berfirman: ‘Sesungguhnya Allah Ta’ala mencintai Fulan, maka cintailah ia’.  Kemudian Jibril mencintai orang itu dan berkata kepada penghuni langit: ‘Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah ia’. Penghuni langit pun akhirnya mencintai orang itu. Setelah itu kecintaannya diteruskan kepada penghuni bumi.”  (HR Bukhari dan Muslim). 

Inilah di  antara hamba-hamba Allah yang dicintai oleh Allah:

Pertama, hamba Allah yang hobinya ibadah, dermawan dan berbuat baik karena Allah.  "Dan Allah mencintai hamba-hamba yang berbuat kebaikan.” (QS Ali Imran:  134).

Kedua, hamba Allah yang sungguh-sungguh bertakwa, takut sekali maksiat.  “Maka sungguh, Allah mencintai hamba hamba-Nya yang bertakwa.”  (QS Ali Imran:  76).

Ketiga, hamba Allah yang sungguh-sungguh bertobat, tidak pernah mengulangi maksiatnya lagi. "Allah menyukai hamba-hamba-Nya yang bertobat dan menyukai hamba-Nya yang menyucikan diri.”  (QS Al-Baqarah: 222).

Hamba Allah yang sabar dari berbagai macam ujian. “Dan Allah Mencintai hamba hambaNya yang sabar.”  (QS Ali Imran: 146).

Hamba Allah yang tawakal setelah ikhtiar dan doa maksimal. “Sungguh, Allah mencintai hamba-Nya yang bertawakal.”  (QS Ali Imran: 159).

Keenam, hamba Allah yang menegakkan keadilan. “Sesungguhnya Allah menyukai hamba-hamba yang adil.”  (QS Al-Ma’idah: 42).

Ketujuh, hamba Allah yang berjihad di jalan Allah. “Sesungguhnya Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS Shaff: 4).

Kedelapan, hamba Allah yang suka kebersihan. “Allah menyukai hamba-hamba-Nya yang bersih.”  (QS At-Taubah: 108).

Kesembilan, hamba Allah yang menghidupkan Sunnah Rasul-Nya. "Katakanlah kalau kalian benar benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Rasulullah) niscaya Allah mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian..."  (QS Ali Imron: 31).

Kesepuluh: Hamba Allah yang senang shalat malam. "Sesungguhnya Rabbmu mengetahui bahwa kamu berdiri shalat malam kurang dari 2/3 malam, atau ½ malam atau sepertiga demikian pula segololongan dari orang-orang yang bersamamu.“  (QS Al Muzammil: 20 ).

Allahumma ya Allah jadikanlah kami para hamba-Mu yang Engkau cintai, dan dekatkanlah kami dengan para hamba yang Engkau cintai. Amiin.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA