Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Buyuk Han Cami, Masjid Terbesar di Crimea

Selasa 21 May 2019 18:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Besar Khan

Masjid Besar Khan

Foto: Wikipedia
Bangunan Buyuk Han Cami terdiri atas sebuah ruang shalat utama yang luas

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Masjid besar yang berdiri di dalam kompleks istana terletak di bagian taman yang dinamai Palace Square. Masjid ini bernama Buyuk Han Cami (bahasa Tatar Crimea yang berarti "The Big Khan Mosque" atau Masjid Khan Besar). Pintu gerbang yang menghadap ke utara menjadi akses masuk ke dalam masjid ini.

Masjid yang berukuran hampir dua kali lipat dari guest house kerajaan dan menjadi salah satu masjid terbesar di Crimea ini adalah konstruksi pertama saat Sahib I Giray (Khan Crimea yang berkuasa pada 1532-1551 M) membangun istana Crimea pada 1532 M. Karena itu, pada abad ke-17 masjid ini bernama "The Mosque of Sahib Giray Khan" untuk mengenang sang khan.

Bangunan Buyuk Han Cami terdiri atas sebuah ruang shalat utama yang luas dengan tiga lorong serta sebuah ruangan meditasi dan serambi bertiang menghadap timur dan barat. Selain itu, terdapat pula sebuah balkon yang disangga oleh tiga dari empat sisi dindingnya, di mana terdapat satu bagian yang dikhususkan bagi khan saat menghadiri kegiatan keagamaan di masjid.

Ruangan istimewa tersebut dihiasi jendela dengan kaca berwarna serta lukisan-lukisan di dinding dan langit-langitnya. Tempat ini adalah satu-satunya bagian istana dengan elemen dekorasi yang langka, seperti ubin kaca yang tetap bertahan dan terjaga.

Di bagian luar, dua menara simetris menjulang menembus atap serambi masjid. Puncak menara setinggi 28 meter itu berbentuk kerucut. Di sudut timur laut masjid dapat ditemukan sebuah bangunan kecil yang di dalamnya terdapat bangunan menyerupai baskom besar dengan kubah di atasnya. Baskom tersebut berfungsi menampung air yang dialirkan melalui pancuran dan digunakan untuk berwudhu.

Di bagian luar dinding timur masjid diyakini pernah berdiri sebuah madrasah yang dibangun oleh Arslan Giray Khan pada tahun 1750-an. Di sudut masjid lainnya, sebuah pintu gerbang yang menghadap utara menjadi akses masuk ke dalam masjid ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA