Selasa 18 Jan 2011 02:04 WIB

Penentang Masjid Ground Zero Gelar Tur Tandingan

Imam Feisal Abdul Rauf berbicara di Detroit, Sabtu (15/1) waktu setempat.
Foto: AP
Imam Feisal Abdul Rauf berbicara di Detroit, Sabtu (15/1) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID,DETROIT-Seakan tak mau kalah dengan tur keliling AS yang dilakukan Imam Besar New York Feisal Abdul Rauf, kelompok penentang pendirian Masjid Ground Zero juga menggelar kampanye.

Beberapa jam sebelum Abdul Rauf menyampaikan pidatonya pada pemberhentian pertama turnya di Detroit, Michigan, Sabtu waktu setempat, kelompok Christian Action Network menggelar pemutaran film yang berisikan wawancara dengan para korban selamat dan keluarganya dari peristiwa 11 September 2001, di Deaborn, yang juga terletak di Michigan

Film tersebut berjudul ‘Sacrificed Survivors: The Untold Story of the Ground Zero Mega Mosque’, berdurasi 45 menit. Sekitar 80 orang memadati ruangan kecil tempat pemutaran film. Usai pemutaran film, para korban selamat dan keluarganya diberi kesempatan untuk berbicara.

Michael Burke, saudara William Burke, petugas pemadam kebakaran yang tewas di gedung WTC, menghadiri pemutaran film. Ia mengatakan tak ingin melihat Islamic Center dibangun di dekat Ground Zero. “Itu tak patut, tak masuk akal,” katanya dengan emosi dalam sebuah wawancara di dalam film. “Ini (pembangunan masjid) tak sensitif, dan memang disengaja. Itu (Islamic Center) merusak kesucian tempat itu (Ground Zero).”

Tur yang dilakukan Abdul Rauf bertujuan untuk meluruskan pemahaman terhadap rencana pendirian Islamic Center di dekat Ground Zero, atau sering disebut Masjid Ground Zero. Setelah Detroit, tur ini akan mengunjungi Chicago, Washington, dan San Antonio. Rauf juga berencana berbicara di berbagai kampus utama, seperti Harvard, Georgetown, Yale, dan University of North Carolina. Tur ini akan berakhir April mendatang.

 

sumber : detroit news
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement