Sabtu 10 Jul 2010 01:49 WIB

Pemprov Jatim Bantu Pembangunan Asrama Mahasiswa Al Azhar Kairo

Rep: EH Ismail/ Red: Budi Raharjo
Al Azhar Kairo
Al Azhar Kairo

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO--Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan dana Rp 5 miliar untuk pembangunan gedung asrama mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Dana sebesar itu digunakan untuk membangun satu dari 18 gedung asrama yang berlokasi di dalam kampus Al-Azhar.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, saat berkunjung ke Mesir. ''Dana Rp 5 miliar ini nanti akan kita berikan melalui KBRI yang selanjutnya berkoordinasi dengan Al-Azhar untuk pembangunan asrama mahasiswa,'' ujar Saifullah saat berdialog dengan ratusan mahasiswa asal Jawa Timur di Kairo, Jumat (9/7).

Saifullah melanjutkan, sebagai salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia, Universitas Al-Azhar merupakan kampus tujuan utama para pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk menimba ilmu. Bagi Jawa Timur, para mahasiswa lulusan Al-Azhar Kairo telah membuktikan diri menjadi bagian dari agen perubahan sosial dan pendidikan di daerah.

Menurut Saifullah, banyak lulusan Al-Azhar yang kembali ke Indonesia dan membangun Jawa Timur dengan kiprah mereka di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan, dan sosial. ''Karenanya, perhatian pemerintah daerah untuk mahasiswa Jawa Timur di Al-Azhar ini sangat besar sekali,'' ujarnya.

Dikatakan, kecuali untuk pembangunan asrama, selama ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memberikan bantuan berupa rumah singgah dan sekretariat kegiatan untuk para pelajar dan mahasiswa asal Jawa Timur. ''Intinya kita sangat mendukung mahasiswa agar bisa belajar dengan baik,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement