Selasa 06 Jul 2010 05:57 WIB

Kemenkes Salurkan Vaksin Meningitis Pekan Depan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementerian Kesehatan akan mulai menyalurkan vaksin meningitis untuk calon jamaah haji minggu depan atau minggu kedua Juli. "Minggu depan sudah mulai disalurkan. Pemberiannya berbeda-beda di tiap puskesmas," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih di Jakarta, Senin.

Penyaluran vaksin meningitis tetap dilakukan ditengah kontroversi fatwa haram Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap vaksin-vaksin tersebut karena mengandung media babi dalam pembentukannya. Menkes menyebut pihaknya menggunakan fatwa darurat yang pernah dikeluarkan oleh MUI karena penyakit meningitis termasuk penyakit berbahaya dan mematikan bagi para jamaah haji.

Tahun lalu, MUI memperbolehkan penggunaan vaksin tersebut karena kondisi darurat untuk melakukan ibadah wajib namun memberikan catatan bahwa Kemenkes harus mencari alternatif vaksin yang halal. Menteri Agama Suryadharma Ali juga telah memperbolehkan pemberian vaksin meningitis bagi calon haji karena belum ada alternatif lain, kendati isu ini masih menjadi polemik di masyarakat.

Vaksin meningitis diberikan gratis bagi para calon jamaah haji dan umroh karena dikhawatirkan tertular penyakit tersebut dari jamaah dari negara-negara lain.

sumber : ant

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement