Kamis 27 May 2010 01:56 WIB

Wakaf Tunai Perlu Dikemas Lebih Menarik

Rep: Yogie Respati/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pengemasan wakaf tunai saat ini masih kurang menarik calon pewakaf. Menurut Direktur Retail Banking Bank Mega Syariah (BMS), Ani Murdiati, kemasan wakaf perlu dibuat lebih atraktif sehingga menarik minat calon pewakaf menempatkan dananya. "Misalnya ada investasi tertentu untuk penempatan wakaf,” kata Ani.

Ani menuturkan pihaknya juga telah memberi masukan kepada BWI mengenai pengembangan wakaf uang tersebut. Dengan mengemas wakaf tersebut, lanjutnya, nasabah pun mengetahui penyaluran dan pengelolaan dana wakaf. Ani menyebutkan penghimpunan wakaf uang di BMS telah dimulai efektif pada Oktober 2009 dan kini dana yang terkumpul kurang dari Rp 1 miliar.

Managing Director Waqf Fund Management (WFM), Guntur S Mahardika, mengatakan pengembangan wakaf saat ini memang diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Kini pihaknya pun sedang menjajaki kerjasama dengan UUS BTN untuk pengembangan aset wakaf lahan.

“Wakaf tanah itu nantinya ingin dibuat rumah susun bagi warga miskin. Selain itu, dari wakaf uang kita juga ingin memberi fasilitas KPR wakaf kepada masyarakat kurang mampu dengan margin rendah sehingga bisa terjangkau,” kata Guntur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement