Rabu 08 Feb 2023 10:23 WIB

Hidayat Nur Wahid dan PKS Jatim Apresiasi Peran NU untuk NKRI

Peran NU menuju ke abad kedua terus berkiprah memberikan kontribusi.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Muhammad Hidayat Nur Wahid mengapresiasi NU yang sudah berusia seabad.
Foto: Prayogi/Republika.
Wakil Ketua Majelis Syura PKS Muhammad Hidayat Nur Wahid mengapresiasi NU yang sudah berusia seabad.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid bersama dengan Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengapresiasi peran Nahdlatul Ulama (NU) untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini terbukti dengan diundangnya para ulama di kancah internasional yang membahas fikih peradaban," kata Hidayat di sela menghadiri resepsi hari lahir Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/2/2023).

Ia menyampaikan kegiatan perayaan 1 Abad NU ini membuat semua masyarakat melihat bahwa Nahdlatul Ulama menghadirkan kebangkitan para ulama, yang mengundang apresiasi dari banyak pihak, baik pemerintah maupun masyarakat umum, bahkan pujian dari tokoh-tokoh internasional.

"Ini menandakan bahwa kebangkitan ulama yang dicanangkan KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hasbullah ternyata diwujudkan, dan kita bisa menikmati salah satu hasilnya," kata pria yang juga menjadi wakil ketua Majelis Syuro PKS itu.

Ia menyebut Nahdlatul Ulama tak hanya berhasil mengumpulkan ulama, tapi juga membangkitkan semangat umat.

"Kita bisa melihat bagaimana masyarakat berbondong-bondong datang ke tempat ini meskipun berasal dari tempat yang jauh, masya Allah. Bangkitnya ulama selalu disertai dengan kebangkitan umatnya," katanya.

Hidayat menegaskan bahwa NU adalah gerakan yang selalu menghadirkan nuansa Islam yang rahmatan lilalamin, yang sejuk dan bisa diterima siapa saja.

Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengatakan antusias masyarakat Indonesia dalam menghadiri kegiatan ini sangat bisa dipahami karena melihat peran Nahdlatul Ulama sangat luar biasa dalam membangun bangsa Indonesia, termasuk di Jawa Timur.

"Karena itu, saya mengajak seluruh pengurus dan anggota PKS di seluruh Jawa Timur untuk meneladan kiprah perjuangan para kiai, yang banyak berkontribusi untuk Indonesia," katanya.

Ia juga meminta agar seluruh anggota PKS terus berjuang berkiprah membangun Jawa Timur menjaga akidah ahlussunnah wal jamaah dan NKRI.

Dia yakin akan peran NU yang menuju ke abad kedua ini untuk terus berkiprah memberikan kontribusi membangun dan menjaga NKRI agar lebih baik ke depannya.

"Saya merasa sangat bersyukur bisa hadir dan mendampingi Bapak Hidayat Nur Wahid dalam kegiatan yang bersejarah ini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement