Senin 22 Jan 2018 11:50 WIB

IP2BK dan Beasiswa Kader Surau Program Unggulan YBM BRI 2018

YBM BRI meyakini bahwa kemiskinan merupakan buah dari rendahnya peran keluarga.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Dwi Murdaningsih
 YBM BRI menggelar Workshop Amil YBM BRI di Putri Duyung Cottage Ancol pada Ahad (21/1).
Foto: ybm bri
YBM BRI menggelar Workshop Amil YBM BRI di Putri Duyung Cottage Ancol pada Ahad (21/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- General Manager Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia (BRI), Dwi Iqbal Noviawan mengatakan, pada tahun 2018, YBM BRI menjadikan Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Keluarga (IP2BK) dan Beasiswa Kader Surau sebagai program unggulan. IP2BK telah berjalan sejak tahun 2016 dan telah memberikan manfaat kepada sekitar 38.042 penerima manfaat.

"IP2BK hadir sebagai salah satu upaya mengentaskan kemiskinan berbasis keluarga," kata Dwi melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (21/1) malam.
 
Ia menerangkan, YBM BRI meyakini bahwa kemiskinan merupakan buah dari rendahnya pemahaman anggota keluarga akan peran, fungsi dan tugas dalam keluarga. Hal ini sangat erat kaitannya dengan persoalan keimanan dan ketakwaan masyarakat.
 
Untuk itu, dijelaskan dia, pendekatan pemberdayaan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan bukan hanya melalui pemberian stimulus dalam hal materi. Tetapi juga dalam bentuk penguatan rohani. Integrasi program juga dilakukan melalui beberapa kegiatan yang terintegrasi.
 
"Yaitu pembinaan keluarga, beasiswa anak mustahik, bantuan advokasi BPJS, Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), dan Sanitasi Total Berbasis Komunitas (STBK)," ujarnya.
 
Dwi menyampaikan, beasiswa kader surau dimulai tahun 2014 kepada mustahik mahasiswa di tiga kampus yaitu, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (Undip). Penerima beasiswa kader surau mendapatkan SPP dan living cost, juga dibuatkan asrama dan pendampingan dengan kurikulum terintegrasi.
 
Beberapa hal yang dibina perkembangannya antaralain, prestasi akademik, kemampuan keorganisasian, hafalan Alquran dan kegiatan kemasyarakatan di lingkungan asrama. Pada tahun 2017, program beasiswa kader surau memperluas kebermanfaatannya melalui penambahan sembilan kampus mitra program beasiswa kader surau di delapan kota yang ada di Indonesia.
 
"Pada tahun 2018, YBM BRI berencana kembali memperluas kebermanfaatan program beasiswa kader surau dengan menambah kampus (mitra program beasiswa kader surau)," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement