Kamis 05 Oct 2017 08:48 WIB

Menag Apresiasi Terobosan Baznas Membuat IZN

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi salah satu terobosan penting Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam Laporan Tahunan Baznas tahun 2016. Terobosan itu yakni pembuatan Indeks Zakat Nasional  (IZN) sebagai alat pengukur kinerja lembaga pengelola zakat yang berada di bawah koordinasi Baznas.

“Saya minta Indeks Zakat Nasional terus dikembangkan dan disempurnakan, termasuk indikator yang digunakan, dan hal itu akan sangat membantu tugas pemerintah di bidang pengawasan dan audit syariah lembaga zakat," ujar Lukman saat memberikan sambutan pada forum Rapat Koordinasi Zakat Nasional tahun 2017 di Jakarta, Rabu (4/10).

Selain Indeks Zakat Nasional yang perlu terus dikembangkan, Lukman juga mengapresiasi kerja sama yang sudah dibangun Baznas dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat serta mengefektifkan pendistribusian dan pendayagunaannya. "Saya mengapresiasi kerjasama yang dibangun Baznas dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat serta mengefektifkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat di Indonesia," katanya.

Menag Lukman berharap, atas semua kerja sama yang ada dapat memperkuat tatakelola zakat nasional serta memaksimalkan manfaat pengelolaan zakat yang menjangkau lapisan akar rumput. Dalam kesempatan sama, Menag sangat menyambut baik pembentukan Pusdiklat Baznas yang salah satu fungsinya adalah untuk melatih dan meng-up grade kemampuan sumber daya manusia amil zakat agar memenuhi kualifikasi tertentu.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement