Selasa 28 Jun 2016 13:00 WIB

Warga Pelosok Cianjur Dapat Bantuan Sarana Air Bersih Permanen

Sinergi Foundation dan BPZIS Mandiri memberikan bantuan sarana air bersih kepada warga di pelosok Cianjur.
Foto: Sinergi Foundation.
Sinergi Foundation dan BPZIS Mandiri memberikan bantuan sarana air bersih kepada warga di pelosok Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Sinergi Foundation (SF) dan Badan Pengurus ZIS (BPZIS) Mandiri secara merilis program Penyediaan Sarana Air Bersih di Desa Purabaya, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur Selatan, Sabtu (25/6). Koordinator Program SF, Saji Sonjaya mengatakan desa Purabaya ini merupakan desa yang perlu di bantu dalam hal pengadaan air bersih. Sebab, ketika musim kemarau tiba, masyarakat kerap kesulitan mendapatkan air bersih.

Setelah hasil assessment dan diskusi dengan banyak pihak,  di Desa Purabaya ini menggunakan sistem pipanisasi untuk membantu ketersediaan air bersih. Pipanisasi yaitu penggunaan pipa yang disedot dengan mesin, untuk kemudian menyalurkan air dari sungai ke bak penampung yang sudah disediakan.

Tokoh masyarakat Najmudin yang mengatakan ketika kemarau tiba, masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air bersih. Masyarakat harus memanggul air dari sungai yang jaraknya mencapai satu kilometer dari desa.

“Apalagi, ketersediaan air bersih ini sangat penting sekali, terutama untuk kebutuhan ibadah,” ujar dia, yang juga pimpinan Ponpes Darojatul Insan.

Perwakilan dari BPZIS Mandiri, Mangatas Simanjuntak mengaku cukup puas dengan  progress yang dilihatnya. Ia berharap, agar masyarakat bisa menjalankan dan menjaga fasilitas yang sudah mereka dapatkan. Dalam kesempatan itu, BPZIS Mandiri juga secara simbolik memberikan ratusan sembako dan sejumlah santunan untuk warga yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement