Selasa 28 Jun 2016 11:46 WIB

LAZ Al Azhar dan LAZIS PLN Bersinergi Entaskan Kemiskinan

Rep: Retno Wulandari/ Red: Agung Sasongko
Kemiskinan
Foto: Edwin/Republika
Kemiskinan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam semangat memuliakan Ramadhan 1437 H, LAZ Al Azhar bersama LAZIS PLN hadir bersatu padu mengentaskan kemiskinan generasi produktif. Hal ini dimulai dengan diwisudanya 117 orang pemuda pemudi yatim dhuafa yang telah lulus mengikuti program Rumah Gemilang Indonesia (RGI) pada Kamis, (23/6) lalu, dalam acara Wisuda RGI dan Buka Puasa Bersama Direksi PLN di Auditorium Utama Gedung PLN Pusat, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta .

Rumah Gemilang Indonesia (RGI) adalah program strategis dan komprehensif bagi pengentasan pengangguran usia produktif di Indonesia yang dibesut LAZ Al Azhar. Hadir sejak tahun 2009, hingga kini telah mewisuda sekaligus mengentaskan pengangguran lebih dari 1.500 pemuda pemudi dhuafa dan putus sekolah dari seluruh Indonesia. RGI memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, penguatan mental leadership dan kewirausahaan seluruh siswanya. 

Pembinaan diberikan selama 5-6 bulan melalui pendampingan dengan model pondok pesantren dengan 6 kelas keterampilan, yaitu : Desain Grafis, Tata Busana, Fotografi dan Videografi, Teknik  Komputer dan Jaringan, Aplikasi Perkantoran, dan Teknik Otomotif. Para siswa dididik untuk menjadi tenaga professional yang handal, amanah, mandiri, siap terjun ke dunia kerja serta diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan dengan menjadi tulang punggung keluarganya.

Sigit Iko S, Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar memaparkan sinergi program RGI berfokus pada  pendayagunaan dana zakat yang dihimpun LAZIS PLN dengan membiayai diklat sebanyak 100 orang dalam satu tahun. Peserta yang direkomendasikan adalah para pemuda tidak mampu di sekitar PLN daerah seluruh Indonesia. 

"InsyaAllah sinergi ini akan terus dilakukan, sehingga semakin banyak pemuda putus sekolah yang bisa dientaskan dari pengangguran," kata Sigit melalui keterangan resminya kepada Republika.

Dengan  dukungan Lazis PLN, lanjutnya, saat ini sedang diselesaikan pendirian gedung kampus RGI di Aceh Besar, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam sebagai ikhtiar untuk mengurangi angka pengangguran di Aceh dan Sumatera pada umumnya. Sementara itu, kampus utama RGI yang berlokasi di Sawangan, Depok kini telah menjadi trendsetter model pengentasan pengangguran komprehensif bagi usia produktif. 

Saat ini terdapat dua cabang RGI yang terus berjalan, yaitu di Magelang, Jawa Tengah dan Sentra primer, Jakarta Timur. Dalam waktu dekat, RGI cabang Solo, Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur akan segera beroperasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement