Senin 02 Mar 2015 16:40 WIB

Infralink APU Buka Akses Desa Terisolir

Rep: M Hannan Putra/ Red: Indah Wulandari
Petani membajak menggunakan sapi di lahan singkong di Desa Doko, Kediri, Kamis (19/2).
Foto: Antara
Petani membajak menggunakan sapi di lahan singkong di Desa Doko, Kediri, Kamis (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Al Azhar Peduli Umat (APU) meluncurkan program Infrastrukur dan Konservasi Lingkungan (Infralink).

"Contohnya pembangunan poros desa di Desa Tanjung Hanau, Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Inisiatornya adalah relawan ustadz Samsul Aripin yang di tempatkan di sana. Ini sangat membantu masyarakat di lima desa yang terisolir antara satu dengan lainnya," papar Media Relations APU Yeny Herliana, akhir pekan lalu.

Program ini adalah salah satu wujud perhatian APU dalam mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat melalui pembenahan infrastruktur, yaitu sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana kesejahteraan, sarana ibadah, dan  konservasi lingkungan.

Melalui program Infralink ini, APU berkomitmen untuk membangun beberapa infrastruktur di desa-desa binaan. Pembangunan meliputi jalan poros desa, gedung sekolah, pesantren, puskemas, posyandu, mushola/masjid, hingga saluran irigasi dan listrik di pedesaan.

Yeni menerangkan, kegiatan masyarakat di desa tersebut sangat terbantu dengan adanya program Infralink. Biasanya, untuk menuju desa tetangga masyarakat harus memutar menyusuri sungai dan butuh waktu sangat lama. Sejak ada poros desa, mereka dapat mengefisiensikan waktu.

Contoh lainnya, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Desa Pelakat Muara Enim Sumatera Selatan dan PLTMH di Desa Pamoyanan Cianjur Jawa Barat memberikan warna sendiri di sana.

"Bertahun-tahun mereka menanti hadirnya listrik untuk menerangi rumah sehingga putra-putrinya bisa belajar dan mengaji, hingga akhirnya Allah mempertemukan Al Azhar Peduli Ummat dengan mereka," jelas Yeny.

APU akan membangun banyak fasilitas publik agar percepatan perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat.

"Masih banyak lagi pembangunan-pembangunan berbagai sarana agar terwujudnya kesejahteraan masyarakat di desa-desa binaan APU," jelasnya.

Dalam setiap kegiatannya APU, menurut Yeny, selalu melibatkan masyarakat setempat dalam pelaksanaannya. Demikian juga pelibatan kearifan lokal yang dimilikinya.

Tujuannya, agar ada rasa memiliki akan sarana yang dibangun oleh masyarakat. Mereka akan menjaga dan mensyukuri sarana prasarana tersebut secara bersama-sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement