Selasa , 14 Maret 2017, 08:15 WIB

Tiga Masjid Teluk Raih Penghargaan Arsitektur 

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Indira Rezkisari
dok Qatar Foundation
Masjid Msheireb di Qatar.
Masjid Msheireb di Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Tiga masjid dari Teluk Arab telah memenangkan penghargaan dari Abdullatif Al Fozan Award untuk Arsitektur Masjid. Ketiganya adalah Masjid Msheireb di Qatar, Masjid Salaman di UAE dan Masjid Arcapita di Bahrain.

Dilansir dari Arab News, Selasa (14/3), penghargaan diberikan oleh Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al Faisal dan Ketua Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional Pangeran Sultan bin Salman. Perhelatan itu sendiri digelar di Jeddah Hilton.

Ketiganya keluar sebagai pemenang dari 122 masjid yang ternyata dinominasikan di Abdullatif Fozan Award. Hadiah uang masing-masing senilai dua juta riyal diberikan kepada ketiga pemenang, dari 60 juta riyal yang mensponsori penghargaan tersebut.

Pangeran Sultan mengatakan tujuan utama dari penghargaan ini ialah memperkuat hubungan antar masjid dan masyarakat, serta memotivasi arsitek untuk meningkatkan kualitas desain mereka. Tentu fokus ke arsitektur berkelanjutan, fitur hemat energi, optimalisasi cahaya.

Edisi selanjutnya, penghargaan akan dibuka secara luas untuk dunia Islam. Sultan menambahkan, masjid memainkan peran penting di dalam kehidupan masyarakat Muslim seperti tempat ibadah, sumber ketenangan, dan tempat bersosial yang mendekatkan masyarakat.

Sementara, Sekjen Abdullatif Fozan Award Ibrahim Al Naimi, menilai penghargaan akan menimbulkan kesadaran kepada arsitektur kontemporer masjid. Menurut Al Naimi, penghargaan bertujuan pula meningkatkan kesadaran praktik terbaik untuk desain, konstruksi dan pemeliharaan masjid.

Berita Terkait