Rabu 17 Jan 2018 17:30 WIB

Kesederhanaan Masjid Dungan Kirgistan

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
masjid dungan
Foto: http://triptokyrgyzstan.com/
masjid dungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Dungan dibangun tanpa menggunakan paku, melainkan pertautan antar rangka. Alih-alih menara, masjid ini memiliki tugu yang berbentuk pagoda yang terletak di pekarangan. Selain pagoda tersebut, nuansa arsitektur Cina tampak dari ornamen-ornamen yang menghiasi dinding Masjid Dungan.

Kemudian, bentuk atap, ukiran pada langit-langit, dan pilar-pilar di masjid ini jelas menampilkan corak khas bangunan di Cina pada umumnya.

Demikian pula dengan ukiran yang menampilkan bentuk naga, burung phoenix, atau singa serta bentuk tanaman menjalar. Namun, gambar-gambar makhluk hidup itu hanya pada pelataran dekat pagar masjid sehingga ruang shalat masih kondusif sebagaimana masjid umumnya.

Namun, berbeda dari bangunan yang marak di Negeri Tirai Bambu, Cina, masjid ini didominasi warna biru sebagaimana jamaknya bangunan bersejarah di Asia Tengah.

Atapnya berwarna hijau cerah. Pilihan warna-warna ini selaras dengan nuansa alam tundra Asia Tengah.

Bentuk Masjid Dungan mirip dengan masjid-masjid yang terdapat di Provinsi Xinjiang, Cina.

Provinsi yang berbatasan dengan Kyrgyzstan ini memiliki populasi Muslim yang signifikan.

Masjid Dungan mempunyai beranda di pekarangannya. Tak jauh dari Masjid Dungan, terdapat sebuah gereja Kristen Ortodoks. Selain itu, Danau Issyk Kul berada tidak jauh dari kompleks rumah ibadah ini.

Secara keseluruhan, Masjid Dungan cukup sederhana. Kayu merupakan bahan baku utama Masjid Dungan. Temboknya terbuat dari batu bata merah.

(Baca: Masjid Dungan Padukan Gaya Arsitektur Islam dan Cina)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement