Selasa 16 Jan 2018 07:55 WIB

Muslim Baltimore Gelar Kegiatan Amal

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Muslim di Amerika Serikat
Foto: VOA
Muslim di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, BALTIMORE -- Muslim Baltimore rayakan Martin Luther King Jr. Day dengan beramal, Ahad (14/1). Muslim Social Service Agency dan Islamic Relief USA membagikan makanan dan kebutuhan kebersihan pada penduduk yang membutuhkan.

Salah satu relawan Muslim, Carrie McLean membagikan ayam goreng hangat, kentang tumbuk, dan roti. "Di sini ada ayam goreng!" teriaknya di luar gedung gereja St. Vincent de Paul di North Front Street.

Perempuan 60 tahun ini merupakan salah satu dari puluhan relawan lain yang ikut kegiatan amal. Penyelenggara dari komunitas juga mengumpulkan sekitar 150 tas berisi kebutuhan kebersihan. Mulai dari sikat gigi, pasta gigi, shampo, kaos kaki, deodorant, sisir, hingga lap. Direktur Eksekutif Muslim Social Service Agency, Imam Hassan Al-Amin mengatakan penyelenggara juga menyediakan makanan sandwiches tuna dan ayam kalkun.

"Inilah kami yang seharusnya, menolong sesama, menolong tuna wisma, janda dan anak yatim," kata dia. Amin ingin menunjukkan bahwa ini yang diajarkan Islam. Bahwa mereka seperti lainnya yang ingin menolong orang.

Menurut Amin, ada sekitar 20 relawan yang ikut kegiatan pada Ahad. Mereka bersiap di Masjid As Saffat di West North Evenue dan menyebar di beberapa wilayah. Banyak yang berhenti di gereja karena di sana banyak tuna wisma.

Muslim Social Services Agency merupakan lembaga non profit yang sudah berusia 15 tahun. Acara rutin mereka seperti bakti sosial dan membagikan makanan setiap bulannya. Grup ini juga bekerja sama dengan Islamic Relief, sebuah lembaga kemanusiaan Muslim. Kerjasama ini sudah berlangsung selama 11 tahun.

Konsorsium ini pun melebarkan sayap bantuan, seperti obat-obatan dan layanan medis. Lembaga aktif merespons banyak bencana dan insiden. Seperti kericuhan di Baltimore beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement