Selasa 19 Dec 2017 21:21 WIB

Mengenal Ibnu al-Nafis, Ilmuwan Serba Bisa

Rep: mgrol98/ Red: Agung Sasongko
Ilmuwan Muslim.
Foto: Metaexistence.org
Ilmuwan Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nama lengkapnya adalah Ala al-Din Abu al-Hassan Ali bin Abi-Hazm al-Qarshi al-Dimashqi, dan dia biasa disebut sebagai Ibn al-Nafis. Ia lahir di Damaskus pada tahun 1213. Dia menghafal Quran, belajar membaca dan menulis, dan mempelajari yurisprudensi, Hadits, dan bahasa Arab.

Kemudian, dia mengarahkan upayanya untuk mempelajari pengobatan dan gurunya adalah Muhaththab Ad-Deen `Abdur-Raheem` Ali yang dikenal sebagai Ad-Dikhwaar. Pada usia 23, dia pindah ke Kairo tempat dia pertama kali bekerja di Rumah Sakit Al-Nassri dan kemudian berada di Rumah Sakit Al-Mansouri, tempat dia menjadi kepala dokter.

Ketika berusia 29 tahun, dia mempublikasikan karyanya yang paling penting, The Commentary on Anatomy di Canon Avicenna, yang mencakup pandangannya pada sirkulasi paru dan jantung.

Dia juga menulis sebuah buku berjudul, The Comprehensive Book of Medicine. Buku ini merupakan ensiklopedia medis terbesar yang harus dicoba pada saat itu dan masih dikonsultasikan oleh para ilmuwan.

Ibn al-Nafis adalah seorang Muslim Sunni ortodoks dan menulis secara ekstensif di bidang di luar bidang kedokteran, termasuk hukum, teologi, filsafat, sosiologi, dan astronomi. Dia juga menulis salah satu novel Arab pertama yang diterjemahkan sebagai Theologus Autodidactus.

Dia adalah ilmuwan yang sangat terpelajar dan multi talenta, dan pelopor dalam bidang kedokteran. Melalui penelitian dan penemuannya, dia berhasil melampaui ilmuwan kontemporer. Dia, sendiri, berhasil menulis ensiklopedia medis terbesar dalam sejarah.

Ibn An-Nafees bekerja di rumah sakit sebagai dokter, dan kemudian sebagai guru pengobatan. Karena sifatnya yang rajin dan unggul dalam bidang kedokteran, ia menjadi kepala Rumah Sakit dan manajer sekolah kedokterannya.

Beberapa tahun kemudian, dia pindah untuk bekerja sebagai kepala Rumah Sakit Mansoori yang didirikan oleh Sultan Al-Mansoor Ibn Qalawoon pada tahun 680. Ibn An-Nafees menduduki beberapa posisi sampai dia menjadi tabib Sultan Ath-Thaahir Beibers. Ibnu An-Nafees terkenal di seluruh penjuru negeri.

Dia menjalani kehidupan makmur di Kairo. Dia membangun sebuah rumah yang luas dan mengalokasikan sebagiannya untuk menjadi perpustakaan yang penuh dengan buku referensi di semua bidang pengetahuan.

Di tempat ini, Ibn An-Nafees biasa bertemu dengan ilmuwan, pangeran, orang berprestasi, dan pelajar yang paling terkenal untuk mempelajari isu-isu yang berkaitan dengan kedokteran, yurisprudensi, dan bahasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement