Jumat 01 Dec 2017 00:06 WIB

Kemenag: KH Said Aqil, Tokoh Islam Paling Kontroversial

Rep: Rahmat Fajar / Red: Elba Damhuri
Ketum PbNu, KH Said Aqil Siradj
Foto: istimewa
Ketum PbNu, KH Said Aqil Siradj

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siraj menjadi tokoh Islam paling kontroversial dari hasil penelitian Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Sementara Aa Gym merupakan tokoh yang materi dakwanhnya paling diminati serta sering diikuti.

Kapuslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenag, Amsal Bakhtiar mengatakan, munculnya Kiai Said sebagai tokoh Islam paling kontroversial merupakan hasil penelitian yang objektif. Menurutnya, penelitiannya melakukan sampel terhadap 1031 dengan subjek penelitian terdiri dari penyuluh, penghulu, guru madrasah, guru pendidikan keagamaan, guru agamaIslam di sekolah, dan dosen agama di 28 kabupaten dan kota yang tersebar di 14provinsi seluruh Indonesia.

"Mereka (responden) menulis enak tokoh kontroversial dalam menyampaikan ajaran Islam," ujar Amsal, usai pemaparan hasil penelitian tentangperanan media massa dan media sosial dalam pembelajaran agama dan keagamaanIslam, di Hotel Cemara, Jakarta, Kamis (30/11).

Amsal menjelaskan penilaian tersebut merupakan persepsi dari responden. Contoh hal kontroversial yang diungkapkan oleh tokoh Islam misalnyatentang ajakan menghormati penganut syiah atau Ahmadiyah dimana berbeda.

Tokoh tersebut melihat bahwa penganut syiah dan Ahmadiyah merupakan orang yang tidak perlu dimusuhi karena ciptaan Allah. Pernyataan seperti ini tidak semua orang setuju karena katakanlah Syaih dianggap tidakIslam. "Menghormati orang seperti itu kan menimbulkan kontroversial," kata Amsal.

Kendati demikian, menurut Amsal, tokoh kontroversial bukanberarti mereka buruk. Disamping itu mereka juga belum tentu juga yang palingmenguasai materi. Namun, Amsal menegaskan hasil ini objektif yang didapatkandari responden.

Selain Kiai Said, ada banyak tokoh Islam yang juga dinilaikontroversial seperti A Sukino, Khalid Basalamah, Rizieq Shihab, Felix Siauwdan Quraisy Shihab. Ada pula Firanda, Maulana, Jalaluddin Rahmat dan YusfMansur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement