Selasa 19 Sep 2017 20:00 WIB

Dakwah, UMY Gelar Pertunjukan Orkestra

Rep: Eric Iskandarasyah Z/ Red: Agung Sasongko
UMY
Foto: Yusuf Assidiq
UMY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Musik merupakan salah satu media efektif berdakwah. Seperti sejumlah musisi seperti Opick, Maher Zain, Harris J, ataupun Humood Alkhuder yang menjadikan musiknya sebagai sarana penyampai nilai-nilai Islam.

Melihat perkembangan tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) komit untuk terus menyebarkan kebaikan melalui berbagai media termasuk musik. Salah satunya dengan menyelenggarakan konser religi bertajuk "Simfoni Negeri Berkemajuan" pada Kamis (21/9) mendatang di Gedung Sportorium UMY.

Ketua Umum penyelenggara "Simfoni Negeri Berkemajuan", Sri Atmaja P. Rosyidi, M.Sc.Eng.,Ph.D,PE  menyatakan, diadakannya konser musik orkestra berbalut religi tersebut bertujuan untuk mengangkat satu sisi dakwah yang dilakukan melalui seni dan budaya yang memang masih jarang dilirik. Konser tersebut menjadi sebuah misi UMY untuk menyampaikan pesan moral dan pesan sosial, maka dari itu musik yang akan disajikan pun akan kental dengan nuansa religi.

"Ini adalah sebuah konser orkestra yang juga menjadi konser amal sebagai charity untuk Rohingya. Selain itu juga untuk menyambut Tahun Baru Islam dan mahasiswa baru, serta juga sebagai rangkaian acara temu kangen alumni UMY," paparnya dalam Jumpa Pers bersama wartawan yang dilakukan pada Selasa (19/9), di Sportorium UMY. Jumpa Pers tersebut juga dihadiri oleh Komposer Dwiki Dharmawan dan Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK, Hilman Latief, Ph.D. Menurut Sri Atmaja,

 

Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK, Hilman Latief, Ph.D. Menurutnya, melalui konser tersebut juga menunjukkan bahwa Muhammadiyah memiliki perhatian terhadap dunia musik.

"Ini merupakan sebuah hal yang menunjukkan bahwa Muhammadiyah punya perhatian terhadap dunia musik. Selain itu, acara ini juga merupakan sebuah penyambutan bagi mahasiswa baru dan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam," ujarnya.

Hilman menambahkan, selain sebagai momen untuk menyambut mahasiswa baru, konser ini juga bertujuan untuk memberikan ruang kepada beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mempunyai basic budaya seperti UKM Musik, Paduan suara serta yang baru saja pulang dari Chile yaitu UKM Tari.

"Selain itu, nantinya juga akan ada penggalangan dana kemanusiaan, maka dari itu acara ini memakan proses persiapan yang cukup lama. Dan semoga kedepannya bisa terjalin kerjasama yang berkelanjutan antar berbagai pihak," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement