Selasa , 21 March 2017, 10:03 WIB

APP Semarakkan Khataman Alquran 'Nusantara Mengaji'

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Winda Destiana Putri
Dok: APP Sinarmas
APP Semarakkan Khataman Alquran 'Nusantara Mengaji'
APP Semarakkan Khataman Alquran 'Nusantara Mengaji'

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memberikan donasi mushaf Alquran. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Alquran di Tanah Air.

Alquran diberikan saat acara khataman Alqran Nusantara Mengaji yang diikuti 500 mahasiswa dan civitas akademika. "Kami senang dapat berbagi kebaikan dan memberi manfaat dalam acara ini," ujar Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata, Senin (20/3).

Hadir dalam acara ini Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Rektor Untirta Sholeh Hidayat, beserta jajaran civitas akademika Untirta, dan unsur Muspida Serang, serta didampingi pimpinan unit industri APP Sinar Mas di Cilegon, Indah Kiat Pulp & Paper - Serang.

Donasi mushaf Alquran tersebut secara konsisten telah diakukan dari tahun ke tahun. Hal ini merupakan komitmen APP Sinar Mas untuk berbagi kebaikan kepada semua, sekaligus mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan mushaf Alquran di Indonesia.

Suhendra mengatakan program wakaf Alquran yang telah dilakukan sejak 2008 merupakan komitmen jangka panjang dari APP Sinar Mas. Sampai akhir 2016, APP Sinar Mas telah menyumbangkan lebih dari 500 ribu mushaf Alquran di berbagai wilayah di Indonesia. Pada 2017 ini, APP Sinar Mas akan mendonasikan total sebanyak 100 ribu mushaf Alquran.

Selain itu, APP Sinar Mas juga telah mendonasikan 70 ribu buku cara baca Alquran bagi anak-anak, dan 500 set Alquran braile bagi difabel yang didistribusikan baik melalui mitra, maupun berbagai pilar usaha Sinar Mas lainnya ke berbagai daerah, dan lapisan masyarakat.

APP Sinar Mas, melalui salah satu unit industrinya, Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang, memproduksi kertas khusus untuk pencetakan Alquran yang diberi merk QPP - Sinar Tech. Kertas yang diproduksi oleh APP Sinar Mas ini mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun dalam pemakaian normal. Selain itu, proses produksi beserta bahan baku kertas ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena telah memenuhi kaedah halal yang ditentukan.

Penyaluran wakaf Alquran dengan kertas premium ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh APP Sinar Mas bekerjasama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga keagamaan, sampai dengan pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia.

Sebelumnya pada 2017 ini APP Sinar Mas telah mendonasikan 2.000 Alquran melalui Kodam Iskandar Muda pada Januari  untuk masyarakat yang terkena gempa bumi di Meunasah, Aceh, serta bersama Polda Jawa Tengah di bulan Februari sejumlah 6.000 mushaf Alquran dalam acara silaturahmi akbar bersama para ulama se-Jawa Tengah.