Ahad , 29 January 2017, 15:41 WIB

Dua Kunci Mudah Menghafal Alquran

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/Yasin Habibi
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua manusia pada hakikatnya punyat tiket menghafal Alquran. Menurut Ustaz Abdul Aziz Abdur Rauf Lc, setiap manusia tinggal memilih, ambil seluruhnya atau sebagian, 30 juz atau juz 30.

''Bagaimana kalau sudah dewasa? Selama masih hidup, insya Allah bisa hafal Alquran,'' kata Ustaz Abul Aziz dalam kajian bertajuk Sekeluarga Hafal Alquran yang digelar Majelis Taklim Wirausaha (MTW) di Masjid Jenderal Sudirman WTC, Jakarta, Ahad (29/1).

Sejak menghafal Alquran pada 1984, ia merasa terpanggil untuk memberikan metode mudah menghafal kitab suci yang diturunkan Allah subhanahu wa ta'ala kepada Nabi Muhammad shallahu alaihi wassalam tersebut. Sebab menurut dia, jika umat Islam tidak hafal Alquran, rugi sekali.

Ia berkata, seorang Muslim harus khawatir kalau lisannya mengucapkan hal yang tidak diapresiasi Allah subhanahu wa ta'ala. Saat terbaik adalah saat membaca Alquran. Menghafal Alquran pakai metode apa saja, kunci pertamanya adalah istiqamah sampai akhir hayat.

''Jangan berprasangka buruk sama Allah subhanahu wa ta'ala. Niat ingin hafal Alquran itu mulia. Niatkan hafal 30 juz, kalau prosesnya hanya hafal tiga juz atau juz 30, ya tidak apa,'' kata Ustaz Abul Aziz.

Lagi pula di Alquran dan hadits tidak ada yang menyebut kata hafal, yang ada adalah shahibul Alquran. Idealnya seorang Muslim bisa enam kemampuan atas Alquran hafal. Jika tidak mampu semua, maka cari cara lain yang dinilai mampu.

Kedua, menghafal bersama Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebab, kata dia,Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan Alquran sebagai sebaik-baik bacaan. Semangatnya, dengan hafal Alquran jadi dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Maka, amat perlu menghadirkan semua nilai akidah.

''Doa tiap hari minta bantuan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Berterima kasih pada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang memberi hidayah menghafal Alquran. Semangat bersama Allah Subhanahu wa Ta'ala. Jangan menghafal pakai logika,'' ungkap penulis buku Anda Pun Bisa Jadi Hafidz Alquran itu.

Untuk mereka yang sudah dewasa, fokus menghafal Alquran bukan pada target tapi berapa lama waktu yang dikomitmenkan untuk menghafal. Jangan banyak berpikir, banyak bersyukur sudah punya waktu bersama Alquran.

Saat sudah membuktikan komitmen, Allah SWT beri rasa ketagihan dengan Alquran. Kalau sudah begitu, menghafal 30 juz itu pasti bisa.