Kamis 28 Jul 2016 16:16 WIB

Persiapan MTQ Nasional NTB 97 Persen

Sejumlah santri dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan gladi resik di halaman Islamic Center, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/7). Gladi resik tersebut dilakukan untuk memeriahkan MTQ Nasional XXVI yang akan diadakan pada Tanggal 30 Juli mendatang.
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Sejumlah santri dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan gladi resik di halaman Islamic Center, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/7). Gladi resik tersebut dilakukan untuk memeriahkan MTQ Nasional XXVI yang akan diadakan pada Tanggal 30 Juli mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov Nusa Tenggara Barat Wirajaya Kusuma mengatakan persiapan penyelenggaraan yang dilakukan panitia Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXVI Mataram, NTB, sudah 97 persen.

"Kondisi saat ini sudah 97 persen. Penyiapan arena utama sudah hampir selesai. Hari ini, semua venue sudah harus siap untuk digunakan," kata Wira dikutip laman kemenag.go.id, Kamis (28/7).

MTQ tersebut akan dibuka Presiden Joko Widodo pada Minggu (31/7). Masyarakat Mataram dan berbagai daerah lainnya sudah mulai datang memadati gedung Islamic Center (IC) yang akan menjadi arena utama MTQ.

"Ada yang ingin melihat dari dekat megahnya Masjid IC, jalan-jalan meninjau lokasi pameran, bahkan ada yang ingin melihat gladi acara pembukaan. Tidak sedikit dari mereka yang nampak menikmati suasana di tribun sambil menyaksikan kubah dan menara IC dengan hiasan cahaya lampu yang bergonta-ganti warna," kata dia.

Gelaran MTQ akan berlangsung pada 27 Juli-7 Agustus 2016. Dalam rangka menyambut perhelatan akbar itu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Simaan Al quran 30 juz bersama seribu hafidz di depan Pendopo Gubernur NTB. Mereka berasal dari berbagai pondok pesantren di pulau Lombok.

Dalam kesempatan itu, ayat-ayat Al quran dilantunkan sejak pagi hingga sore hari. Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi mengawali kegiatan ini dengan melantunkan surat Al fatihah, dilanjutkan surat Al baqarah hingga ayat 25. Setelah itu, pembacaan Al quran diteruskan oleh para penghafal Al quran hingga selesai.

Sebanyak 11 arena telah disiapkan sebagai lokasi MTQN XXVI di Mataram. Selain Masjid Islamic Center yang dijadikan sebagai venue utama, tempat lainnya yang akan dijadikan sebagai lokasi perlombaan adalah Masjid Agung Praya, Taman Budaya Mataram, Gedung Graha Bakti Praja NTB dan Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat.

Selain itu, arena lainnya di antaranya Gedung Sankareang Kantor Gubernur NTB, Aula Bank Indonesia Perwakilan NTB, Aula Rinjani BKD dan Diklat Provinsi NTB, Ponpes Al aziziyah Kapek Gunung Sari, MAN 2 Mataram serta Gedung Irigasi Pengairan PU NTB.

Sebelum pembukaan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan melantik Dewan Hakim, Tim Pengawas dan Panitera MTQN XXVI pada Sabtu (30/7) sore di Kantor Gubernur NTB. Mereka terdiri dari para ulama Al quran, dosen PTKIN, qari, hafidz serta para ahli pada bidangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement