Ahad 01 May 2016 06:40 WIB

Gerakan Nusantara Mengaji Akan Dimulai dari Jember

Tadarus Al Quran
Foto: IMAM BUDI UTOMO/Republika
Tadarus Al Quran

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Alun-Alun Kota Jember, Jawa Timur akan menjadi saksi sejarah lokasi pembukaan Gerakan Nusantara Mengaji (GNM), Sabtu (7/5), pukul 19.00 WIB.  

Ketua Koordinator Nasional (Kornas) Gerakan Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, mengatakan pembukaan ini sekaligus menandai dimulainya khataman Alquran sebanyak 300 ribu kali secara serentak di seluruh kabupaten di Indonesia.

GNM dilaksanakan di ribuan titik seluruh nusantara, namun ungkap Jazilul, ada delapan lokasi yang akan dimobilisasi secara maksimal dan dihadiri oleh beberapa menteri , bupati serta gubernur. Selain di Jember, acara akan juga di gelar di tujuh titik.

Antara lain di Masjid Teuku Umar, Banda Aceh yang akan dihadiri oleh Menteri Desa dan dan Transmigrasi Marwan Jafar, sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dijadwalkan akan menghadiri acara Nusantara Mengaji di Pesantren Al falah, Banjar Baru.

Di Brebes juga akan digelar acara yang ditempatkan di Pesantren Salafiyah Luwung Ragi, Bula Kamba Menteri Komunikasi dan Informatika Telekomunikasi, Rudi Rudiantara dijadwalkan hadir. Di Kudus akan diadakan di Pesantren Tahfizh Yanbu’ul qur’an di Jl KH Muhammad Arwani.

Sementara itu, Mendikti Ristek M Nasir dijadwalkan menghadiri beberapa titik, di antaranya Masjid Nurul Hasanah, Medan pada 8 Mei pukul 10.00 pagi dan di Univeritas Panca Budi pukul 12.00 waktu setempat.

Bahkan, ujar Jazilul yang juga Ketua Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta itu, Muslim mancanegara juga ikut berpartisipasi dalam gerakan bersejarah ini.

Peserta dari Singapura, Brunei dan Malaysia mendaftar di laman resmi GMN www.nusantaramengaji.com. Panitia tidak membantasi pendaftar online dari dalam negeri saja. “Umat Islam di luar negeri bisa mendaftar dan mengaji di rumah masing-masing,” katanya di Jakarta, Ahad (1/5).   

Menurut Jazilul, sejumlah tokoh nasional akan hadir dalam pembukaan GMN yang dihelat oleh Majlis Tahfid dan Hataman Alquran (MATAN) itu. Di antaranya, inisiator GMN H A Muhaimin Iskandar dan Dewan Penasehat GMN, KH Ahsin Sakho Muhammad.

Cak Imin, sapaan akrab A Muhaimin Iskandar, akan membacakan surah al-Fatihah, kemudian diikuti oleh majlis lain di seluruh Indonesia untuk mengaji bersama. “Kita perkirakan 30 ribu jamaah akan meramaikan acara pembukaan ini secara sukarela,” ujarnya.     

Lebih lanjut, Jazilul mengajak segenap Muslim di manapun berada untuk bergabung dalam gerakan ini. GMN memiliki tujuan mulia yaitu meminta, keselamatan, kesejahteraan dan keberkahan bangsa. Khataman sendiri memiliki arti menyelesaikan bacaan Alquran sebanyak 30 juz, mulai dari surat Al-Fatihah sampai surat Annas.

 

Jazilul menjelaskan GNM juga bertujuan mewujudkan kebersamaan dalam persatuan melalui hubungan spiritualitas dan mengajak masyarakat senantiasa mengejawantahkan nilai-nilai moral agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement