Rabu 20 Jan 2016 06:03 WIB

Pondok Pesantren Alumni Gontor Gelar Silaturahim Nasional

Rep: agung sasongko/ Red: Damanhuri Zuhri
Salah satu sudut kampus Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.
Foto: ikpmsidoarjo.blogspot.com
Salah satu sudut kampus Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati 90 Tahun Pondok Modern Gontor, sebanyak 283 pimpinan pondok pesantren alumni Gontor akan menggelar Silaturahim Nasional, Jumat (22/1) hingga Ahad (24/1) di Siti Hotel Tangerang, Banten.

Silaturahim Nasional yang akan dihadiri para kiai dan pimpinan pesantren itu akan dibuka Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal. Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dijadwalkan akan menjadi salah satu pembicara kunci dalam forum ini.

“Kita bersyukur, sejak 1926 Gontor berkesempatan berjuang mendidik anak-anak Indonesia, dan sejak 1945 hingga sekarang Gontor terus berkontribusi dalam membangun SDM Indonesia,” ungkap Sofwan Manaf, ketua pelaksana Forum Pesantren Alumni Gontor, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika, Selasa (19/1).

Menurut Sofwan, selain mempererat silaturahim, silatnas ini digelar untuk meningkatkan tata asuh dan tata kelola masing-masing pondok pesantren. Apa yang baik dari sebuah pesantren, kata dia, bisa lebih baik diterapkan di pesantren lain.

Silatnas juga akan membahas peningkatan peran pesantren dalam masalah kemiskinan, pengangguran, tantangan pasar bebas ASEAN, masalah infrastruktur, dan penguatan bangunan Indonesia di atas kemajemukan bangsa.

“Pak Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, akan berbicara mengenai infrastruktur,” ungkap Sofwan Manaf menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement