Senin 16 Nov 2015 10:05 WIB

Ikuti Seleksi Wisuda Akbar Daarul Qur'an, Ribuan Peserta Banjiri Enam Kota

Rep: hannan putra/ Red: Damanhuri Zuhri
Wisuda Akbar Indonesia PPPA Daarul Quran
Foto: PPPA Daarul Quran
Wisuda Akbar Indonesia PPPA Daarul Quran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan calon peserta Wisuda Akbar keenam di sejumlah kota di Tanah Air berduyun-duyun mengikuti tahapan seleksi, Ahad (15/11). Mereka menyetor hafalan Surat al-Baqarah ayat 101-157 (57 ayat), Surat as-Shaff (14 ayat), dan Surat al-Qaaf (45 ayat).

Tahapan seleksi tersebut untuk menyonsong Wisuda Akbar keenam yang akan digelar PPPA Daarul Qur’an tanggal 22 November 2015 mendatang.

Penyelenggaraan Wisuda Akbar keenam tersebut diselenggarakan serentak di lima kota di lima Provinsi di Indonesia. Tempat wisuda tersebut antara lain, Masjid Istiqlal DKI Jakarta, Masjid Raya Taqwa Palembang Sumatera Selatan, Masjid Al Markaz Makassar Sulawesi Selatan, Masjid Agung An-Nuur Kota Pare Kediri Jawa Timur, dan Masjid Kampus UGM Yogyakarta.

"Untuk bisa mengikuti Wisuda Akbar keenam, para calon peserta harus mengikuti seleksi yang serentak dilaksanakan pada 15 November ini," jelas Ketua Panitia Wisuda Akbar keenam Muhammad Zuzali kepada Republika, Ahad (15/11) lalu.

Zali mengatakan, kategori penilaian dari setoran hafalan Alquran mereka meliputi aspek kelancaran hafalan dan ketepatan pengucapan. Zali menghimbau umat Islam secara umum untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Seleksi bagi peserta juga terbuka untuk masyarakat umum. "Pada hari-H Wisuda Akbar keenam, panitia masih menerima seleksi mulai pukul tujuh hingga sepuluh pagi sebelum prosesi wisuda dimulai," katanya.

Menurut Zali, peserta Wisuda Akbar keenam tahun ini diperkirakan akan diikuti sekitar 200 ribu peserta. Mereka berasal dari pesantren, rumah tahfidz, TPQ, madrasah, dan masyarakat umum di lima kota dan sekitarnya.

Saat ini sudah terkumpul ratusan peserta dari Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi, mengikuti seleksi di Masjid An Nabawi Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Ketapang Cipondoh Kota Tangerang. Seleksi dibuka pengasuh pesantren Ustadz Slamet Ibnu Syam yang dipandu puluhan ustadz dan ustadzah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement