Sabtu 22 Aug 2015 13:56 WIB

Kemenag Sediakan Dana Pembuatan Buku tentang Islam Nusantara

Naskah kuno mengungkap penyebaran Islam di Nusantara
Foto: antaranews
Naskah kuno mengungkap penyebaran Islam di Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN -- Kementerian Agama RI akan mempromosikan konsep dan pemikiran Islam Nusantara pada dunia, karena jenis dan corak pemikiran aliran Islam ini dinilai sangat ideal untuk menggambarkan realitas keislaman di negeri ini.

"Promosi itu berupa konsep pemikiran, serta realitas keislaman yang ada di Indonesia yang berbentuk buku hasil penelitian para dosen di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, terutama peneliti dan peminat kajian keislaman," kata akademisi pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan Sukma Umbara Tirta Firdaus, Sabtu (22/8).

Saat ini, Kementerian Agama RI memberikan bantuan penyediaan dana bagi dosen, peneliti dan peminat kajian Keislaman Nusantara di Indonesia dan hasilnya akan dijadikan buku yang akan diperkenalkan ke seluruh dunia.

Dosen Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam ini menjelaskan pengumuman yang berisi Pemberitahuan Bantuan Penulisan Islam Nusantara tersebut telah diterima sebagian dosen STAIN Pamekasan.

Tujuan penyusunan buku yang nantinya hendak dipromosikan Indonesia ke dunia internasional ini untuk memperteguh Islam Nusantara sebagai jenis aliran Islam moderat, mempertegas semangat keislaman dan kebangsaan.

Dana yang disediakan pemerintah untuk penulisan buku itu Rp 50 juta bagi 10 dosen, peminat kajian, peneliti dan penulis pada tahun anggaran 2015.

"Tapi ketentuan-ketentuan khusus yang ditetapkan pihak kementerian, diantaranya peneliti dan peminat kajian Islam Nusantara tersebut memiliki perhatian khusus dan menggali khazanah Islam Nusantara dari berbagai aspek," katanya.

Selanjutnya, mereka juga harus mengajukan permohonan bantuan yang memuat antara lain lalar belakang, tujuan, target pelaksanaan, definisi dan ruang lingkup program, serta rencana kerja.

Calon penulis harus membuat rancangan penggunaan anggaran sesuai Standar Biaya Umum (SBU) Kementerian Keuangan RI, serta membuat pernyataan kesanggupan untuk melaksanakan bantuan itu tepat waktu, tepat guna, tepat sasaran sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Ini bagi dosen atau peneliti atau pegiat kajian yang usulannya diterima sebagai penulis," terang dosen muda lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Pengajuan bantuan dana untuk penulisan buku Islam Nusantara ini paling lambat tanggal 15 September 2015 dan ditujukan kepada Direktur Pendidikan Tinggi Islam Up/ Subdit Pengembangan Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yang beralamat di Jalan Lapangan Benteng Barat Nomor 3-4 Lantai 7 Jakarta Pusat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement