Selasa 21 Oct 2014 21:11 WIB

Suara Adzan Terakhir Kiai Hafidz Ustman (1)

Rep: c63/ Red: Agung Sasongko
KH Hafidz Usman
Foto: Republika/ Prayogi
KH Hafidz Usman

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pada Senin (20/10) waktu shubuh mungkin menjadi terakhir kalinya bagi warga di sekitar Komplek Baitussalam DPRD I Margasari, Kota Bandung mendengar suara adzan dari kiai sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat Hafizh Utsman.

Usai tiba di tanah air dari menjalankan ibadah haji ke tanah suci Makkah, Ahad (19/10) sore, untuk pertama kalinya dan terakhirnya Hafizh mengumandangkan adzan di masjid yang terletak di depan rumahnya. Dan siapa sangka, pada siang harinya sang ulama telah berpulang kepada Sang Khalik.

Penuturan tersebut diungkapkan beberapa kerabat dan tetangga yang berada di lingkungan masjid. Azis, yang juga merupakan jamaah Hafizh mengungkapkan, untuk pertama kalinya mendengar suara adzan tokoh kharismatik itu seusai pulang dari Arab Saudi.

"Subhanallah, itu adzan terakhir beliau, beliau orang yang luar biasa buat kami para jamaah," tuturnya.

Dimata Azis, sosok Hafizh tidak hanya sebagai seorang guru dakwah para jamaahnya, bahkan hubungan Hafizh dengan jamaah selayaknya hubungan seorang anak dan ayah. Kepergiaannya, tentu membuat semua orang merasa kehilangan sosoknya. Terlebih, berpulangnya Hafizh tidak didahului sakit apapun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement