Ahad 29 Jan 2012 15:04 WIB

Waspada, Ada 300 Aliran Sesat Merajalela di Negeri Ini

Rep: mursalin yasland/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Saat ini, Indonesia memiliki lebih dari 300 aliran keagamaan yang sesat. Dalam mengamalkan ajarannya, mereka selalu mengklaim berdasarkan Alquran dan hadist. Untuk itu, Muslim diminta waspada dengan aliran keagamaan yang mendompleng Alquran dan Sunnah.

"Dari penelitian kami, ada lebih dari 300 aliran sesat di negeri ini," kata Direktur Islamic Center Al-Islam, Bekasi, Ustadz Farid Okbah, pada bedah bukunya berjudul 'Hidup Hanya Sekali, Jangan Salah Jalan,' di Masjid Nurul Ulul, kompleks Islamic Centre Rajabasa, Bandar Lampung, Ahad (29/1).

Bedah buku ini, menghadirkan pembedah ustadz Agus Supriadi Lc, dari yayasan Pondok Pesantren Ulul Albab, Jatiagung, Lampung Selatan. Aliran sesat ini, ungkap Farid, mulai dari kecil hingga yang besar dan nyata-nyata dalam menjalankan ajarannya.

Selain itu, ia mengungkapkan aliran-aliran sesat yang mengatasnamakan Alquran dan Sunnah selalu mengajak umat kepada jalan kesesatan yang jauh dari agama Islam sesuai dengan Alquran dan Sunnah.

Ia berharap umat Islam wasdapa jika ada seorang atau ustadz yang mengajak atau mengajarkan yang menyimpang dari petunjuk Alquran dan Sunnah, tetapi mengklaim berdasarkan Alquran dan Sunnah. "Umat Islam harus faham ajaran agama yang benar merujuk pada Alquran dan sunnah Rasul saw dan para sahabat," katanya.

Menurut dia, Islam sudah mengajarkan ada dua jalan apabila ingin selamat. Pertama, jalan yang lurus atau benar (sabili muslimin). Kedua, jalan kesesatan (sabili mujrimin). Jalan kesesatan yakni jalannya orang yang selalu berbuat dosa dan menjerumuskan ke dalam api neraka. Sedangkan jalan yang lurus dan benar adalah jalan yang ditempuh kaum Muslimin untuk menghadap Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement