Rabu 18 Dec 2013 10:37 WIB

Indonesia Disebut Contoh Demokrasi Masyarakat Muslim

Demokrasi (Ilustrasi)
Foto: eiu.com
Demokrasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Guru Besar dalam bidang Islam, politik dan modernitas dari Monash University, Australia, Greg Barton mengatakan Indonesia menjadi contoh terbaik berjalannya demokrasi di masyarakat Muslim.

"Profesor Greg Barton mengemukakan hal itu dalam ceramah di beberapa universitas ternama di Inggris," kata penggagas Studi Indonesia di Exeter, Syahrul Hidayat di London, Rabu (18/12).

Barton mengunjungi Inggris selama sepekan dan menjadi pembicara dalam seri seminar mengenai Indonesia di Exeter, Oxford dan London pada 9-16 Desember 2013.

"Indonesia harus dilihat secara berbeda, terutama ketika melihat keberhasilan Indonesia dalam melakukan transisi demokrasi yang relatif damai dan stabil," kata Barton yang dikutip Syahrul.

Barton secara garis besar mengungkapkan adanya kecenderungan untuk melihat Indonesia secara kurang tepat dalam penerapan demokrasi dewasa ini.

"Salah satu yang mempengaruhi pandangan itu adalah munculnya kasus-kasus kekerasan terutama yang dilakukan kelompok yang menggunakan agama sebagai pembenaran," katanya.

Selain itu, muncul pula kasus perlakuan yang kurang baik terhadap kelompok minoritas, seperti Ahmadiyah dan Syiah. Namun, Barton beranggapan kasus tersebut tidaklah menggambarkan kecenderungan mayoritas masyarakat Indonesia.

"Sebaliknya, masyarakat Indonesia sudah menunjukkan kecenderungan mereka untuk tidak mendukung kekerasan dan lebih mendukung gagasan-gagasan yang lebih moderat," ujar Barton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement