Senin 12 Mar 2018 16:53 WIB

Kesan Khas Afrika di Masjid Abuja

Masjid ini berdiri sejak 1984.

Salah satu masjid nasional Nigeria, Abuja
Salah satu masjid nasional Nigeria, Abuja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sekitar separuh dari penduduk Nigeria merupakan Muslim. Negara yang terle tak di Afrika barat itu me miliki sejum lah bangunan yang layak menjadi destinasi wisata Islam.

Salah satunya adalah Masjid Nasional. Lokasinya strategis lantaran berada di tengah ibu kota Nigeria, Abuja.

Seperti tampak dari namanya, bangunan yang berdiri sejak 1984 ini merupakan masjid negara Nigeria. Pembangunannya memakai jasa perusahaan lokal, AIM.

Dari kejauhan, Masjid Nasional Abuja tampak mencolok di antara bangunan sekitarnya. Keseluruhan masjid ini didominasi warna mirip gurun pasir sehingga menampilkan kesan khas Afrika.

Kubahnya berbentuk setengah bola dengan warna kuning keemasan. Ada pula empat kubah lain tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Letaknya bersebelahan dengan empat menara yang menjulang 120 meter di setiap sudut bangunan masjid ini.

Penampakan luar Masjid Nasional Abu ja sekilas mirip bangunan khas Turki, ter utama bila menunjuk pada bentuk menara yang menyerupai pensil raksasa berujung lancip. Namun, bila didekati lebih saksama, ada perpaduan unsur-un sur budaya lain dari khazanah peradaban Islam.

Misalnya, gerbang utama masjid ini yang agaknya terinspirasi dari kebudayaan Persia. Sebab, bentuknya tidak lain adalah iwan atau gerbang raksasa yang menghubungkan bagian luar dengan bagian dalam bangunan.

 

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement