Selasa 12 Sep 2017 23:08 WIB

Di Mana Masjid Pertama Inggris Dibangun?

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Pria sedang berada di sebuah masjid di London, Inggris.
Foto: EPA
Pria sedang berada di sebuah masjid di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  -- Masjid pertama di Inggris tercatat berada di Glyn Rhondda Street 2, Cardiff, pada tahun 1860. Kemudian, Masjid Shah Jahan di Woking dibangun pada tahun 1889.

Pada tahun yang sama Abdullah Quilliam membangun sebuah masjid di Liverpool, yang kini menjadi Institusi Muslim Liverpool.

Masjid pertama di London adalah Masjid Fazl yang didirikan pada tahun 1924, yang biasa disebut Masjid Lon- don. Meningkatnya jumlah umat Islam menghasilkan lebih dari 1. 500 masjid pada tahun 2007.

Masjid merupakan pusat aktivitas mereka. Umat Islam kerap berkumpul untuk mendengarkan sir- aman rohani dari pendakwah yang berdatangan dari berbagai wilayah. Dakwah tersebut meningkatkan keimanan masyarakat.

Shalat Jumat selalu dilaksanakan. Umat Islam berdatangan ke masjid untuk bersujud dan juga mendengarkan ceramah para dai.

Kegiatan pendidikan juga kerap dilaksanakan. Anak-anak belajar mengaji Alquran dengan penuh semangat. Mereka juga mendalami pengetahuan tentang Islam, seperti sejarah, fikih, tauhid, dan lainnya.

Anak-anak juga kerap mengisi waktu bela- jar dengan kegiatan kreatif yang penuh keceriaan. Para guru mereka selalu mengarahkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua.

Ayah dan ibu telah membesarkan mereka dengan penuh semangat sehingga anak harus menghormati keduanya. Ajaran Islam juga menegaskan, berbuat baik kepada kedua orang tua adalah keharusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement