Senin 14 Aug 2017 16:33 WIB

Mohabbat Maqbara Mirip Taj Mahal

Mahabbat Maqbara
Foto: ritebook.in
Mahabbat Maqbara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Situs bangunan Mohabbat Maqbara bisa dikatakan kompleks mouseleum di Gujarat yang memiliki keindahan tersendiri dari sisi monumental dan arsitektur Islam. Arsitektur kedua mouseleum ini merupakan perpaduan arsitektur Indo Islam Moghul dengan Hindu dan arsitektur  Gotik Victoria Eropa. Bagi masyarakat Gujarat serta Junagadh, situs mouseleum ini layaknya mini Taj Mahal di wilayah mereka. Sebab, situs ini mampu memikat pengunjung saat pertama melihat arsitekturnya.

Kompleks ini memiliki dua struktur bangunan, Mahabat Khan dan Baharuddin Bhar. Pada struktur bangunan Mahabbat Khan, elemen arsitektur yang terlihat jelas memiliki khas perpaduan antara gaya arsitektur gotik victoria di Eropa dan ukiran dinding Hindu. Struktur Mahabat Khan didedikasikan luar biasa, penuh dengan ukiran batu, kolom atau tiang vertikal berukir, plafon cornice hingga lengkungan dan kubah. Gerbang portal masuk pun didekorasi perak, dengan bagian berlapis.

Elemen dekorasinya marmer jalis, dengan ikon pada jendela Prancis. Bangunan ini pun memiliki elemen arsitektur Islam Mughal pada bagian atas dengan kubah layaknya bawang, kubah utama dengan susunan kubah kecil di atas dan di sampingnya. Sedangkan, pada Baharuddin Bhar, percampuran elemen arsitektur yang paling dominan adalah gaya Islam Mughal dan Gotik Eropa. Struktur bangunan ini lebih mirip sebuah masjid. Salah satu yang khas adalah struktur menara dikelilingi tangga spiral.

Bangunan ini memiliki struktur layaknya masjid, sebagian lain menganggap bangunan ini bentuk mini Taj Mahal karena mirip seperti struktur Taj Mahal dengan sebuah kubah utama dan empat menara di empat penjuru. Bedanya, pada empat menara ini dikelilingi tangga spiral ke puncak menara. Baharuddin Bhar dipenuhi dengan ukiran batu dan pintu berbahan perak yang cukup besar. Setiap elemen dan lengkungan arsitekturnya dirancang halus, dengan kolom vertikal dan ukiran batu yang rumit di dinding dan jendela.

Sebuah tangga utama juga menjadi bagian penting menuju pintu masuk bangunan ini. Walau saat ini, pintu ini tidak dapat diakses oleh masyarakat umum dan hanya dapat diakses dari samping mouseleum. Tapi, pengunjung bisa menikmati keindahaan arsitekturnya dari dekat atau dengan menaiki tangga spiral pada menara. Di dalam bangunan mouseleum terdapat sejumlah selasar tertutup yang berukir kayu terbaik dan balkon bergaya khas Gujarat.

Dari berbagai elemen arsitektur yang indah dari kedua mouseleum tersebut, telah menjadikan Mohabbat Maqbara sebagai contoh indah perpaduan seni arsitektur Moghul dengan arsitektur Hindu dan Eropa. Dua bangunan bersejarah ini tetap berdiri kokoh hingga kini, bahkan menjadi bangunan monumental di antara berbagai situs sejarah lain di Gujarat. Beberapa pihak menilai, Mohabat Maqbara digambarkan dengan bagian 1001 malam ala di India karena kemasyhuran arsitekturnya mirip Taj Mahal yang berdiri di Gujarat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement