Senin 14 Aug 2017 16:16 WIB

Mohabbat Maqbara Karya Seni dari Gujarat

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Mahabbat Maqbara
Foto: ritebook.in
Mahabbat Maqbara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Saat arsitektur Islam Moghul, Hindu, dan Eropa bersatu, apa jadinya? Datanglah ke Mohabbat Maqbara di Junagadh, sebuah distrik di negara bagian Gujarat, India. Situs bangunan ini merupakan kompleks bersejarah era Dinasti Mughal terakhir hingga masa awal pendudukan Inggris di wilayah anak benua ini.

Mohabbat Maqbara merupakan bagian dari istana dan tempat tinggal yang kemudian dijadikan mouseleum (makam). Bangunan mouseleum yang dikenal juga Bahaduddinbhai Hasainbhai ini menjadi perwakilan salah satu monumen tertua Dinasti Mughal terakhir di Junagadh dan tanah Gujarat. Mouseleum ini bersanding dengan beberapa situs sejarah dari dinasti lain yang telah ada di kaki Pegunungan Girnar.

Mohabbat Maqbara mulai dibangun pada abad ke-18 oleh Muhammad Mahabat Khanji, Nawab atau disebut juga Gubernur Junagadh pada era awal runtuhnya Mughal. Bangunan ini secara keseluruhan selesai pada 1878 oleh penggantinya Muhammad Bahardur Khanji, di bawah Dinasti Babi Nawab. Penguasa ini yang mengambil alih wilayah ini setelah Mughal resmi runtuh. Saat itu beberapa wilayah India telah berada di bawah kontrol Inggris sebagai negara jajahan.

Kompleks Mohabbat Maqbara awalnya sengaja dibangun sebagai tempat kediaman Nawab. Pada era kerajaan kecil setelah Mughal runtuh bangunan ini pun menjadi istana pemerintahan era Dinasti Babi Nawab. Sepeninggal Mahabat Khanji dan Bahardur Khanji, bangunan ini kemudian dipersembahkan sebagai makam bagi wazir dan Nawab di Junagadh, sebagai bentuk monumen penghargaan bagi mereka.

Dalam kompleks situs bersejarah ini terdapat dua bangunan mouseleum. Bangunan pertama Bahadurddin Bhar yang diperuntukkan bagi Nawab Muhammad Bahadur Khanji dan Mahabat Khan bagi Nawab Muhammad Mahabat Khanji. Masyarakat lokal menjadikan situs bangunan ini menjadi salah satu kompleks sejarah kebanggaan mereka. Karena keunikan arsitekturnya, situs bangunan ini pun menjadi daya tarik wisata murah bagi warga India dan Gujarat pada umumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement