Rabu 28 Jun 2017 17:45 WIB

Bangunan di Kompleks Bara Imambara, Apa Saja?

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Masjid dan istana Bara Imambara, Lucknow, India
Foto: skycrapercity
Masjid dan istana Bara Imambara, Lucknow, India

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain bangunan Bara Imambara, di kompleks ini terdapat beberapa bangunan lain yang tidak kalah indahnya. Di antaranya, benteng dan pintu gerbang yang disebut Rumi Darwaza. Pada bagian bangunan ini terdapat dua pintu gerbang yang mengarah pada bagian dalam kompleks. Sementara dari atas gerbang dapat dilihat keindahan kompleks dan aliran Sungai Gomti. Sayangnya kini akses tangga ke atas Rumi Darwaja, termasuk ke bagian atas gerbang dan benteng, ditutup untuk umum.

Di sisi kanan terdapat Masjid Asifi yang memiliki arsitektur indah khas Mughal. Masjid ini adalah daya tarik lain kompleks ini.

 

Masjid Asifi menjadi monumen terakhir yang dibangun. Seperti bangunan lainnya, di sini juga tak ada bahan kayu dan besi. Masjid memiliki anak yang tangga menjulang tinggi hingga ke terasnya.

 

Shahi Baoli, sebuah sumur dengan sumber mata air jernih yang digunakan juga sebagai tempat pemandian, menjadi bangunan menarik terakhir di kompleks ini. Selain itu, Shahi Baoli juga berfungsi sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat sekitar, terutama ketika wilayah ini dilanda kelaparan.

 

Bangunan awal Shahi Baoli terdiri atas tiga lantai. Namun, kini satu lantai di bawah telah terendam oleh air. Beberapa lantai tersebut berfungsi sebagai tempat pemandian dan tempat peristirahatan para tamu dengan setiap ruang memiliki lorong yang saling terhubung.n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement