Sabtu 22 Apr 2017 05:05 WIB

Menghafal Alquran, Mulai dari yang Gampang

Ustaz Bobby Herwibowo
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ustaz Bobby Herwibowo

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustad Bobby Herwibowo *)

Banyak orang bertanya kalau hendak menghafal AlQuran harus mulai dari mana? Dari bawahkah atau dari atas? Dari juz 30 atau dari zuz pertama?  Harus urut atau boleh lompat-lompat? Dan banyak lagi pertanyaan serupa.

Saya sarankan mereka yang hendak mulai menghafal Alquran hendaknya mereka mulai dari yang gampang!

Kalau masih nggak tahu juga mana yang gampang, saya sarankan mereka cari surat-surat yang mereka suka dan terdiri ayat-ayat pendek. Misal surat yang favorit adalah Ar Rahman, Yasin, Al Waqiah, An Naba, dan lain-lain.

 

Saya sarankan mulailah dari sini, yaitu surat-surat favorit dan ayat-ayatnya pun pendek. Biasanya satu ayat terdiri dari satu tiga kata yang mudah untuk didengar dan hafalkan.

Perhatikan dalam surat Ar Rahman dari ayat 1 sampai 5

Ar Rahman = 1 kata

‘Allamal Quraan = 2 kata

Kholaqol insaan = 2 kata

‘Allamahul bayaan = 2 kata

Asyamsu walqomaru bihusbaan = 3 kata

Demikian juga surat Yasin, Al Waqiah, An Naba dan lain-lain. Berlatihlah dengan surat-surat favorit ini bersama keluarga Anda. Jangan lupa hafalkan dengan maknanya agar mudah diresapi dan sekaligus gampang diamalkan.

Meski satu ayat sehari tak masalah. Hal terpenting yang patut Anda jaga bersama keluarga adalah 'KOMITMEN WAKTU' untuk menghafal, meskipun hanya 15 menit sehari!

Perhitungan saya, jika 15 menit sehari meski Anda dan keluarga adalah pemula, maka insya Allah dalam durasi itu Anda bisa hafalkan 3 ayat berikut makna.

Dan sebutlah surat An Naba 40 ayat yang Anda pilih bersama keluarga untuk dihafalkan. Insya Allah dalam tempo kurang dari 2 pekan Anda sekeluarga dimudahkan Allah untuk hafal 40 ayat An Naba berikut makna dan dengan cara yang mudah serta menyenangkan.

Ayo jangan banyak mikir lagi, mulai deh menghafal Alquran bersama keluarga tersayang!

Wassalam...

*) Pimpinan Yayasan Askar Kauny

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement