Kamis 13 Apr 2017 18:31 WIB

Mengubah Keadaan

 Ratusan anggota komunitas ODOJers melakukan pawai Tarhib Ramadhan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Jakarta, Ahad (5/6). (Republika/ Wihdan)
Foto:

Ketiga, kedua ayat itu juga berbicara tentang dua pelaku perubahan. Pelaku pertama adalah Allah SWT yang mengubah nikmat yang dianugerahkan kepada suatu masyarakat atau apa saja yang dialami oleh suatu masyarakat atau sisi luar lahiriah masyarakat. Pelaku kedua adalah manusia.

Dalam hal ini masyarakat melakukan perubahan pada sisi dalam mereka atau dalam istilah ayat tersebut apa yang terdapat dalam diri mereka. Perubahan yang terjadi akibat campur tangan Allah atau yang diistilahkan ayat di atas dengan ma bi qaumin menyangkut banyak hal, seperti kekayaan dan kemiskinan, kesehatan dan penyakit, kemuliaan atau kehinaan, persatuan atau perpecahan dan lain-lain yang berkaitan dengan masyarakat umum. Bukan secara individu. 

Keempat, kedua ayat itu juga menekankan bahwa perubahan yang dilakukan Allah harus didahului oleh perubahan yang dilakukan masyarakat menyangkut sisi dalam mereka. Tanpa perubahan ini, mustahil akan terjadi perubahan sosial. Boleh saja penguasa menerapkan perubahan sistem tetapi jika sisi dalam masyarakat tidak berubah, keadaan akan tetap bertahan sebagaimana sediakala.

Dari kisah mengenai terbentuknya ODOJ dan pemaknaan terhadap tafsir QS Ar Ra'd ayat 11 di atas, kita bisa belajar untuk hijrah. Menjadi katalisator perubahan dimulai dari diri pribadi, keluarga, hingga masyarakat sekitar. Setiap Muslim hendaknya memiliki azzam untuk berbuat bagi lingkungannya sesuai dengan skill dan kemampuannya masing-masing. Tidakkah Rasulullah SAW sudah berwasiat kepada kita.

"Siapa diantara kalian melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia mengingkari dengan tangannya, kalau tak mampu, maka dengan lisannya, dan jika tak mampu juga maka dengan hatinya. Dan itu adalah selemah-lemah iman."(HR Tirmidzi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement