Rabu 23 Dec 2015 19:37 WIB

Muliakanlah Orangtuamu

Ustaz Erick Yusuf
Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Islam mengajarkan setiap Muslim menghormati orang tua. Perintah tersebut terdapat dalam Alqur'an, panduan hidup umat Islam.

Pimpinan Lembaga Dakwah Kreatif iHaqi, Ustaz Erick Yusuf mengatakan, dalam surat Al-Isra ayat 23, Allah memerintahkan umat Islam agar benar-benar memuliakan orang tua.

"Dengan kata lain, siapapun dari umat Islam yang tidak memuliakan orangtuanya berarti dia tidak berhak atas kemuliaan," kata dia ketika memberikan tausyiah di sebuah hotel di Jakarta belum lama ini.

Sebaliknya, kehinaan demi kehinaan akan selalu menghampiri perjalan hidupnya di dunia maupun akhirat.

Rasulullah SAW bersabda “Sungguh hina, sungguh hina, kemudian sungguh hina, orang yang mendapatkan salah seorang atau kedua orangtuanya lanjut usia di sisinya (semasa hidupnya), namun ia (orangtuanya) tidak memasukkannya ke Surga.” (HR: Ahmad).

Sungguh kerugian besar bila ada seorang Muslim yang menjumpai orangtuanya lanjut usia tetapi tidak merawatnya dengan tangannya sendiri, lebih mementingkan dirinya sendiri, mengkhawatirkan masa depannya sendiri, dan malah justru menitipkannya ke panti jompo," kata dia.

Padahal, dirinya tumbuh dewasa dan pintar karena pengorbanan tanpa pamrih dari orang tua. Dengan perantara orangtualah kita ini lahir di dunia, kemudian tumbuh menjadi manusia dewasa, berpengetahuan, berpenghasilan bahkan menjadi orang terpandang. Istilahnya, tanpa pengorbanan orangtua, tak akan ada anak jadi dewasa.

Oleh karena itu, di ayat yang lain Allah memerintahkan umat Islam untuk bersyukur kepada kedua orangtua setelah bersyukur kepada-Nya.“Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman [31]: 14).

Abu Hurairah meceritakan, “Seseorang lelaki datang menemui Rasulullah saw kemudian bertanya, “Siapakah manusia yang paling berhak aku berbakti kepadanya? Ibumu, “Jawab Rasulullah saw. Dia bertanya, “Setelah itu siapa? “Ibumu, “Jawabnya lagi. Dia bertanya kembali, “Setelah itu siapa? “Ibumu, “Jawabnya lagi. Dia kembali bertanya, “Setelah itu siapa baru Rasulullah menjawab, “Bapakmu” (HR Muslim).

"Begitu mulianya kedudukan orang tua,terutama ibu,bahkan Alloh swt menyematkan salah satu sifatnya dalam tubuh seorang ibu yaitu rahim," ujarnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement