Oleh : KH Abdul Muiz Ali, Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Membahas soal kloset dan toilet bagi sebagian orang bisa jadi dianggap tidak penting. Apalagi dikaitkan dengan syariah. Apasih pentingnya membahas tempat buang kotoran kencing dan tinja dan apa hubungannya dengan prinsip syariah?
Sebelum menjelaskan dan menjawab pertanyaan tersebut, saya ingin bercerita sedikit. Sekitar awal November 2024 yang lalu saya melakukan kunjungan ke dua negara eropa, Jerman dan Belanda untuk kepentingan assessment halal dari BPJPH (Badan Jaminan Produk Halal).
Saat di bandara ketika hendak mau ke toilet saya bertemu dengan seorang pria membawa botol air dalam kemasan yang masih terisi separuh airnya. Saya menduga, sebagaimana kebiasaan saya, botol tersebut pasti akan digunakan untuk memudahkan saat nantinya bersuci dari najis air kecil.
Ternyata betul, orang tersebut persis membuang air kecil tepat di samping saya, dan cara bersucinya pun sama dengan saya, yaitu menggunakan air yang terdapat di botol yang sebelumnya sudah dia isi.
Cara seperti ini dilakukan sebagai bentuk hati-hati agar bisa bersuci (istinja) dengan benar sesuai ketentuan fikih serta aman dari percikan najis.
Kembali pada pertanyaan di atas: maksud kloset dan toilet yang dirasa kurang ramah syariah, tentu tidak berlaku pada semua model kloset atau toilet.
Terdapat beberapa kriteria kloset dan urinoar khusus laki-laki yang jika penggunanya tidak hati-hati atau tidak paham cara menggunakannya, maka konsekuensinya cara bersuci dari kencing dan kotoran tidak benar atau pakaianya menjadi najis (mutanajjis) disebabkan terkena percikan najis.
BACA JUGA: Mengapa Surat Al-Waqiah Berada Setelah Ar-Rahman, Apakah Ada Hubungan Antarkeduanya?
Pertama, uroniar berdiri dimana antara tempat saluran buang air kecil tidak disertai pembatas. Biasanya pembatas tersebut disebut dengan akrilik mika urine protektor.
Kedua, kloset duduk dengan model jet washer toilet shower baik yang digunakan laki-laki atau perempuan. Kloset model seperti ini airnya keluar dari arah belakang setelah alat kontrolnya digeser. Model kloset seperti ini rentan percikan najisnya pindah kemana-mana yang menyebabkan pakaian dan area sekitar menjadi najis (mutanajjis).
Ketiga, jenis kloset yang menggunakan bidet di dalamnya yang memungkinkan najis terciprat ke mana-mana. Ini jenis-jenis yang rentan percikan najis kemana-mana.