Sabtu 26 Oct 2024 17:00 WIB

Iran Berhasil Cegat Serangan Israel, Bagaimana Balasannya?

Iran bersiap perang total melawan Israel.

Misil balistik Iran, Kheibar Shekan-2
Foto: X/@Pataramesh
Misil balistik Iran, Kheibar Shekan-2

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iran menyatakan siap membalas serangan rudal yang dilancarkan Israel sejak Jumat (25/10) malam, menurut laporan kantor berita Tasnim, yang mengutip seorang pejabat tinggi Iran.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan bahwa pihaknya telah menyerang target-target militer Iran sebagai balasan atas serangan Iran sebelumnya terhadap negara Yahudi itu pada 1 Oktober.

Baca Juga

Menurut CBS News yang mengutip seorang sumber, serangan Israel terhadap Iran hanya sebatas pada target militer, bukan fasilitas nuklir atau minyak.

Sementara itu, kantor berita Fars melaporkan bahwa Israel menyerang sejumlah pangkalan militer di wilayah barat dan barat daya Teheran.

Tasnim juga melansir bahwa pusat-pusat militer Garda Revolusi Iran (IRGC) di kedua wilayah itu tidak mengalami kerusakan.

Seorang koresponden Sputnik melaporkan bahwa pada Sabtu sekitar pukul 04.25 pagi waktu setempat (10.30 WIB), suara rentetan ledakan terdengar selama sekitar satu menit dari Kedutaan Besar Rusia di Teheran.

Militer Iran mengatakan bahwa unit pertahanan udara mereka berhasil mencegat sejumlah "proyektil" yang menyasar instalasi militer di Teheran barat dan barat daya oleh rezim Zionis Israel.

Pernyataan itu diunggah militer Iran di platform media sosial X beberapa jam setelah terdengar sejumlah ledakan di ibu kota Iran, Teheran.

Pemerintah Iran tidak menjelaskan secara terperinci tentang serangan Israel itu, tetapi berjanji akan memberikan informasi terkini.

Lewat akun @IRIran_Military di X, militer Iran juga mengatakan bahwa Kantor Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant merilis gambar suntingan yang memperlihatkan "sang teroris senior" sedang melihat foto ledakan yang ternyata merupakan foto lama kebakaran kilang minyak.

Militer Iran juga mengunggah sejumlah video yang menunjukkan sistem pertahanan udara mereka berhasil menembak jatuh "proyektil musuh" di atas Teheran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement