Ahad 20 Oct 2024 08:35 WIB

Sunnah Berdoa Masuk Surga Diulang 3 Kali dan Berlindung dari Neraka 7 Kali, Mengapa?

Masuk surga dan jauh neraka dambaan setiap Muslim

Ilustrasi Surga. Masuk surga dan jauh neraka dambaan setiap Muslim
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Masuk surga dan jauh neraka dambaan setiap Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Surga adalah tempat tinggal orang-orang yang bertakwa, tempat tinggal orang-orang saleh, tempat tinggal kemuliaan dan kehormatan, tempat tinggal kebahagiaan yang kekal.

Sementara, neraka adalah kehancuran dan tempat tinggal orang-orang yang fasik. Setiap mukmin sangat ingin memohon kepada Tuhannya dalam doa-doanya agar Dia memasukkannya ke dalam Surga dan menghindarkannya dari neraka.

Baca Juga

Hal ini sebagaimana sabda Nabi SAW kepada seorang laki-laki, “Apa yang kamu ucapkan dalam doamu? “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga, dan aku menghindarkan-Mu dari neraka, tetapi aku tidak tahu senandungmu atau senandung Mu'adz.” Nabi SAW bersabda, ”Di sekeliling surga kami bersenandung." (HR Abu Dawud dan Ahmad).

Inilah kemenangan yang dicari oleh kaum Muslimin dalam beribadah kepada Tuhannya. Allah SWT berfirman sebagai berikut:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan." (Ali Imran: 185), yang artinya bahwa barangsiapa yang selamat dari neraka dan masuk ke dalam surga, maka sungguh, dia telah menang.

Di antara sunah yang terabaikan dalam memohon kepada Allah agar dimasukkan ke dalam surga dan berlindung dari neraka adalah dengan mengulanginya sebanyak tiga kali, atau tujuh kali, sebagaimana diriwayatkan dalam beberapa riwayat surga dan neraka memohon kepada Rabbnya agar mereka yang berdoa demikian dimasukkan ke dalam surga dan dilindunginya dari neraka.

BACA JUGA: Jamuan Makan Malam Terakhir, Perpisahan Mengenaskan Pasukan Elite Golani Israel

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

”Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.” (HR Ahmad 12585, Nasai 5521, Turmudzi 2572 dan yang lainnya).

Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu-, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement