Jumat 18 Oct 2024 18:56 WIB

Yahya Sinwar Terbunuh, Pejuang Menyusup dari Perbatasan Yordania Serang Tentara Israel

Perbatasan Yordania-Israel memanas

Pejuang Hamas, ilustrasi. Perbatasan Yordania-Israel memanas
Pejuang Hamas, ilustrasi. Perbatasan Yordania-Israel memanas

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV-  Dua tentara terluka dalam sebuah serangan penembakan di dekat Laut Mati oleh orang-orang bersenjata yang menyeberang dari Yordania pada Jumat (18/10/2024), kata media Israel.

Menurut Radio Angkatan Darat Israel, insiden penembakan tersebut terjadi sekitar 3 kilometer dari pemukiman Elot, sebelah selatan Laut Mati.

Baca Juga

Koresponden Aljazeera mengatakan bahwa penyerang berjumlah tiga orang, dua di antaranya dibunuh oleh tentara Israel, sementara yang ketiga kembali ke Yordania.

Tentara Israel mengirimkan bala bantuan ke tempat kejadian dan mengatakan bahwa mereka sedang menyisir daerah tersebut untuk mencari pria bersenjata ketiga yang tampaknya telah melarikan diri.

Channel 12 Israel mengatakan bahwa ada investigasi keamanan terhadap kemungkinan bahwa para pria bersenjata itu mengenakan seragam militer dalam upaya untuk menyamar sebagai tentara Yordania.

“Tidak ada warga sipil yang terluka dalam operasi ini, dan warga diminta untuk masuk ke rumah mereka sampai ada instruksi lebih lanjut,” kata Radio Angkatan Darat Israel.

“Kami melihat sejumlah militan yang menyeberangi perbatasan dari Yordania ke daerah selatan Laut Mati,” kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan.

Radio Angkatan Darat Israel mengatakan pasukan Israel sedang menyisir daerah di mana penembakan itu terjadi, sementara surat kabar Yediot Aharonot mengatakan tentara Israel menduga lebih banyak militan yang menyusup ke daerah itu dari Yordania.

Dari Ramallah, wartawan Elias Kram mengatakan bahwa bocoran mengindikasikan bahwa orang-orang bersenjata terlihat di sebuah kendaraan militer pada Jumat pagi dan dilaporkan, tetapi tentara Israel tidak bergerak sampai operasi dimulai.

Tentara pendudukan mengirim bala bantuan ke daerah tersebut, dan helikopter militer terlihat terbang di dekat perbatasan untuk mencari pria bersenjata ketiga.

Kram menambahkan bahwa tentara mengeluarkan instruksi kepada penduduk kota-kota dekat perbatasan untuk tetap berada di dalam rumah sampai “bahaya telah berlalu”.

Setelah operasi tersebut, Israel menyiapkan bala bantuan keamanan di dekat hotel-hotel dan resor-resor yang menghadap ke Laut Mati.

September lalu, pensiunan tentara Yordania, Maher al-Jazi, membunuh tiga tentara Israel di perlintasan Lambi, sebelum ia menjadi martir dalam baku tembak.

Wartawan Elias Kram mengingat bahwa seorang tentara Yordania melepaskan tembakan beberapa bulan yang lalu di penyeberangan Israel tanpa ada yang terluka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement