Jumat 18 Oct 2024 17:02 WIB

KIP Banda Aceh Usung Tema Syariat Islam

Debat publik tersebut disiarkan langsung melalui televisi.

Pilkada (ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mengusung tema syariat Islam pada debat publik peserta Pilkada 2024.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali di Banda Aceh, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya menjadwalkan debat publik peserta pilkada tersebut pada tanggal 30 Oktober 2024 dengan sejumlah panelis dari kalangan akademisi.

Baca Juga

"Kami menggelar Debat Publik Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh di akhir Oktober 2024. Tema yang diusung pada debat publik tersebut adalah syariat Islam," kata Yusri Razali.

Selain syariat Islam, tema dalam debat publik pertama tersebut juga ada pemerintahan yang bersih dan adil melayani, serta menjamin hak-hak masyarakat di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Yusri menyebutkan subtema debat pertama itu, yakni kerukunan umat beragama, pendidikan, sumber daya manusia, dan budaya.

Subtema lain, yaitu tata kelola pemerintahan, layanan publik, lingkungan hidup, kebencanaan, dan teknologi informasi.

Debat publik peserta pilkada tersebut, kata dia, melibatkan lima panelis, yakni Prof. Syahrial Abbas dari Universitas Islam Negeri Ar Raniry, Prof. Asnawi Abdullah dari Universitas Muhammadiyah, Dr. Abdul Muhajid Hamdan dari Universitas Islam Negeri Ar Raniry, Dr. Teuku Ahmad Yani dari Universitas Syiah Kuala, dan Prof. Saiful Akmal dari Universitas Islam Negeri Ar Raniry.

Dikatakan pula bahwa debat publik tersebut disiarkan langsung melalui televisi. Dengan demikian, seluruh masyarakat Kota Banda Aceh dapat menyaksikannya.

Ia menegaskan bahwa pelaksanaan debat secara transparan dan profesional.

"Kami juga memberlakukan secara adil dalam pelaksanaan debat publik tersebut kepada para pasangan calon," kata Yusri Razali.

Pilkada di daerah ini tidak hanya Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh, tetapi juga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. Pemilihan tersebut digelar serentak pada tanggal 27 November 2024.

Pilkada tersebut diikuti empat pasangan calon, yakni pasangan Illiza Sa'aduddin Djamal-Afdhal Khalilullah, Zainal Arifin-Mulia Rahman, Aminullah Usman-Isnaini Husda, dan pasangan T. Irwan Djohan-Khairul Amal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement