Ahad 22 Sep 2024 18:20 WIB

Bersama POROZ, Lazismu Koordinasi Misi Kemanusiaan dengan Kedubes RI di Amman, Yordania

Lazismu berkomitmen terus bantu Palestina.

Kegiatan Lazismu.
Foto: Lazismu
Kegiatan Lazismu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Misi kemanusiaan dilaksanakan Delegasi Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (POROZ) termasuk Lazismu yang menjadi bagian di dalamnya, untuk mengirimkan bantuan ke Palestina mendapat sambutan hangat dari Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Bapak Ade Padmo Sarwono.

Kedatangan gelegasi POROZ di Kedutaan Besar RI di Amman, Yordania, (19/9/2024) menjadi pertemuan penting dan bagian dari rangkaian kunjungannya dalam misi kemanusiaan ke Palestina. Ini babak penting dan kali pertama POROZ dalam kiprahnya yang dikuti seluruh anggotanya.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Ade Padmo Sarwono menyampaikan apresiasinya kepada delegasi POROZ yang telah menginisiasi pengiriman bantuan ini. "Kami sangat mengapresiasi langkah POROZ yang datang langsung ke Yordania untuk memastikan bantuan ini dapat disalurkan ke saudara-saudara kita di Palestina, “ katanya seperti dilansir dalam laman resmi POROZ.

Ini adalah wujud nyata solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap penderitaan rakyat Palestina, sambungnya. Pengiriman bantuan ini merupakan bagian dari upaya POROZ untuk membantu masyarakat Gaza Utara yang tengah dilanda krisis kemanusiaan akibat konflik berkepanjangan.

Menurut Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat, Imam Mujadid Rais, setelah berkoordinasi dengan banyak pihak di mana Lazismu juga melibatkan partisipasi PCIM Jordania, telah disiapkan bantuan kebutuhan pokok yang akan diangkut dengan 12 armada truk.

Menurut informasi yang diperoleh Lazismu dari relawan dan POROZ, bantuan kemanusiaan ini akan diberangkatkan pada 20 September 2024 melalui King Hussein Bridge Border Crossing, kawasan perbatasan yang merupakan satu-satunya jalur resmi yang bisa dilalui untuk masuk ke Palestina dari Yordania.

Dalam pertemuan itu, Ade Padmo Sarwono menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara POROZ, Kedutaan Besar, dan berbagai pihak terkait di Yordania dan Palestina untuk memastikan bantuan ini dapat tersalurkan dengan lancar.

Beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga akses dan keselamatan sehingga kewaspadaan serta keamanan selama proses penyaluran bantuan karena situasi rentan yang masih bisa saja ada kontak bersenjata.

Lazismu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama POROZ, para donator yang ada di Indonesia, PCIM Yordania dan Duta Besar RI di Yordania di mana pengiriman bantuan ini adalah bukti nyata Lazismu yang tergabung dalam POROZ mengimplementasikan komitmenya untuk mendukung upaya kemanusiaan di Palestina.

Di samping itu, Selain bantuan fisik, POROZ juga berupaya untuk terus menjalin peluang kerjasama dengan berbagai lembaga internasional untuk menjangkau dukungan kemanusiaan yang lebih luas bagi warga Palestina.

Rangkaian misi kemanusiaan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak elemen masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam mendukung upaya pemulihan kondisi di Palestina. Diharapkan semakin banyak bantuan dan dukungan yang dapat tersalurkan untuk membantu masyarakat yang tengah berjuang di tengah konflik dan keterbatasan.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah/POROZ]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement