Sabtu 21 Sep 2024 21:12 WIB

Bukan Diet Ketat, Ini Cara Sehat Sederhana Ala Nabi SAW yang Terbukti Secara Ilmiah

Rasulullah SAW mengajarkan hidup sehat dengan makan secukupnya

Ilustrasi diet. Rasulullah SAW mengajarkan hidup sehat dengan makan secukupnya
Foto:

Dalam Musnad diriwayatkan dari Ja'dah bin Hubairah dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki yang gemuk, lalu Rasulullah SAW menunjuk ke arah perutnya dengan tangannya dan bersabda: “Seandainya ini (perutnya) tidak seperti ini, niscaya lebih baik bagimu.”

Ini merupakan dalil atas ketidaksukaan terhadap makan berlebihan yang menyebabkan kegemukan, dan perintah untuk menyeimbangkan pola makan dengan tidak berlebih-lebihan, serta mencurahkan perhatian seorang Muslim terhadap apa yang terbaik baginya.

BACA JUGA: Sadis, Ternyata Israel 15 Tahun Siapkan Ledakan Pager

Salah satu petunjuk kenabian tentang keseimbangan gizi adalah anjuran untuk memperbanyak puasa, karena puasa adalah salah satu penyebab kesehatan fisik, serta manfaat spiritual dan keimanan, seperti yang dikatakan oleh Abdul Hamid bin Badis dalam Majalis ad-Dzikr

“Puasa disyariatkan untuk melawan kejahatan nafsu terhadap makanan, karena puasa adalah istirahat bagi perut dan kesucian, dan pendidikan untuk mengendalikan diri dari nafsu dan kesenangan, dan untuk dapat menahan lapar dan haus ketika diperlukan, sehingga puasa adalah kebutuhan untuk disiplin diet dan kesehatan fisik dan membantu manusia untuk menggunakan mesin duniawinya dengan baik untuk naik ke cakrawala rohaniahnya yang penuh dengan cahaya dan kesempurnaan.”  

Makan berlebihan didefinisikan sebagai makan terlalu banyak dalam sekali waktu atau mengonsumsi lebih dari kebutuhan energi tubuh. Makan berlebihan dalam artian makan sampai merasa kenyang atau lebih dari kenyang yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Dilansir dari laman Health Digest, Sabtu (8/10/2022), meskipun mungkin terasa memuaskan untuk makan dalam porsi besar, hal ini sebenarnya tidak sehat. Beberapa komplikasi dari makan berlebihan bisa terjadi, termasuk merasa kembung, lesu, sulit tidur, atau refluks asam.

Jika merasa makan berlebihan, coba ikuti tips dari Jepang. Orang Jepang memiliki frasa yang disebut hara hachi bu, yang berarti makan sampai kenyang 80 persen dan berasal dari Okinawa. Ini saran yang bagus, yang pada dasarnya berarti Anda harus makan dalam jumlah yang akan membuat Anda merasa kenyang tetapi tidak sepenuhnya kenyang. 

Ada hal- hal lain yang dapat dilakukan untuk mengelola keinginan makan dan menghindari makan berlebihan, tetapi terkadang solusi paling sederhana adalah yang terbaik. Salah satu caranya dengan makan perlahan. Hal ini dapat membantu mengatasi makan berlebihan.

 
 
Saat Anda makan..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement