Rabu 11 Sep 2024 13:57 WIB

Bagaimana Alquran Menjelaskan Soal Waktu?

Alquran menyiratkan konsep relativitas waktu.

ILUSTRASI Waktu.
Foto: dok pxhere
ILUSTRASI Waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam pemahaman umum, ia sering kali diartikan sebagai pergantian dari detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam, atau hari ke hari.

Tolok ukurnya pun bermacam-macam. Bila mengikuti penanggalan kamariah, maka dari awal ke akhir bulan mengikuti perputaran bulan terhadap bumi. Bila menurut kalender Masehi, misalnya, maka satu pergantian hari dihitung sejak pukul 00.00.

Baca Juga

Persepsi mengenai waktu dapat beraneka pula. Umpamanya, satu jam bertemu keluarga bisa saja menjadi waktu yang teramat singkat bagi seseorang. Sementara, bagi orang yang sibuk, satu jam bersama keluarga bisa jadi waktu yang sangat berharga baginya.

Dengan begitu, ukuran waktu yang kita gunakan memang sesuai dengan kesepakatan yang kita amini sesuai dengan rentangnya. Namun, perkara lama atau tidaknya, waktu sangatlah relatif.

Begitupun soal waktu yang kita peroleh di dunia. Semua orang tentu punya pandangan berbeda tentang waktu sesuai dengan pengetahuan dan keadaan masing-masing.

Abinya Nasha dalam bukunya Belajar Mudah Memahami Hikmah menjelaskan, bahwa pandangan waktu hidup yang sesungguhnya hanya kita serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT, Zat yang Mahamemiliki waktu. Dia berfirman:

وَيَسۡتَعۡجِلُوۡنَكَ بِالۡعَذَابِ وَلَنۡ يُّخۡلِفَ اللّٰهُ وَعۡدَهٗ‌ ؕ وَاِنَّ يَوۡمًا عِنۡدَ رَبِّكَ كَاَ لۡفِ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوۡنَ

"Dan mereka meminta kepadamu (Muhammad) agar azab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Dan sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu” (QS al-Hajj: 47).

Secara saintis, ayat di atas menyiratkan konsep relativitas waktu. Sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Albert Einstein melalui Teori Relativitas. Sebelumnya, selama hampir 200 tahun, dunia fisika didominasi oleh fisika Newton yang menyatakan bahwa waktu adalah konstan; satu jam adalah sama di mana pun dalam kondisi apa pun.

Menurut Einstein, waktu adalah relatif ....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement